Bogor, 8/9 (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Bogor menyiagakan satu unit helikopter ambulans untuk memudahkan evakuasi jika terjadi kecelakaan saat mudik Idul Fitri 1431 Hijriah.

Sekretaris Umum PMI Kabupaten Bogor, M Makmur Rozak menyebutkan, helikopter ambulans itu merupakan bantuan dari PMI Pusat untuk memudahkan evakuasi kecelakaan di jalur Puncak.

"Hari ini helikopter ambulans sudah disiagakan di Sentul. Ini adalah bantuan dari PMI Pusat untuk mengakomodir pengamanan mudik Lebaran di kawasan Puncak dan sekitarnya," katanya saat ditemui di sela-sela kunjungan bersama Bupati Bogor, Rabu.

Selain menyiagakan helikopter ambulans, PMI Kabupaten Bogor juga menerjunkan 90 relawan yang disebar di enam posko operasi ketupat Lodaya 2010 Polres Bogor.

Lima posko tersebut terdapat di Pospam Cibinong, Pospam Gadok, Pospam Mekarsari, Pospam Cileungsi, Pos pam Gunung Mas, dan Pospam Cijeruk.

"Kita juga mendirikan posko utama di kawasan Ever Green, ada delapan relawan yang bertugas dengan sistem shift yang siap memberikan pelayan P3K untuk pemudik," jelasnya.

Selain itu, kata Makmur, PMI juga menyiakan satu unit ambulans, satu mobil unit operasi penanggulangan bencana, tenaga medis dan dokter relawan di Kantor Cabang PMI Kabupaten Bogor di Jalan Tegar Beriman.

Makmur menyatakan kesiapan PMI membantu pemerintah Kabupaten Bogor dalam pengamanan arus mudik lebaran.

Disinggung tentang ketersediaan darah, Makmur menjamin stok darah di Kabupaten Bogor aman selama lebaran.

Ia menyebutkan, stok darah di PMI Kabupaten Bogor saat ini sebanyak 233 kantor darah yang terdiri dari 38 kantong darah golongan A, 169 kantong golongan B, 16 kantong golongan AB dan 10 kantong golongan O.

"Stok darah selama Lebaran aman," ujarnya.

Usai kunjungan bersama Bupati Bogor, Ketua Umum PMI Kabupaten Bogor, Hj Nurhayati yang juga asisten daerah, melakukan peninjauan ke posko utama PMI di Ever Green.

Dalam kesempatan tersebut, Nurhayati memastikan kesiapan relawan PMI dalam menyiagakan pengamanan mudik lebaran, mulai dari perlengkapan, peralatan dan personel.

Di sela-sela kunjungan PMI Kabupaten Bogor juga memberikan 500 buah masker kepada pengendara sepeda motor yang melintas di Jalur Puncak.

"Kita juga memberikan imbauan kepada pengguna jalan untuk berhati-hati saat berkendaraan. Pemberian masker juga untuk melindungi pengendara dari polusi," kata Nurhayati.

Laily R

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010