Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman menginstruksikan selama libur panjang akhir pekan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Cianjur dan keluarganya, dilarang ke luar kota atau mudik dengan cara wajib mengirim lokasi terkini dan tidak mengambil cuti atau libur pada hari Jumat, meski sedang WFH.

"Kami akan mematuhi Surat Edaran Menpan RB terkait larangan atau pembatasan ASN ke luar kota/daerah saat liburan Isra Miraj dan Nyepi, dimana aturan tersebut juga berlaku untuk keluarganya, sehingga kami tidak akan memberikan cuti pada Jumat," katanya, Kamis..

Meski saat ini sebagian besar ASN di lingkungan Pemkab Cianjur, menerapkan sistem kerja di rumah atau Work Frome Home, namun 50 persen diantaranya tetap masuk seperti biasa dengan waktu kerja yang dibatasi, sehingga untuk memastikan mereka tidak bepergian wajib mengirimkan lokasi terkini melalui telepon selularnya masing-masing.

Bagi mereka yang terbukti melakukan perjalanan ke luar kota selama libur panjang Isra Miraj dan Hari Raya Nyepi, akan dikenakan sanksi tegas, bahkan Jumat seluruh ASN yang menjalani WFH wajib mengisi absen dengan cara masuk dalam zoom meeting yang digelar masing-masing kantor.

"Kita sudah instruksikan semua kepala dinas memastikan, tidak ada bawahannya yang melanggar surat edaran tersebut, dengan menerapkan absensi kehadiran di zoom meeting serta mengirimkan lokasi terkini melalui telepon selularnya masing-masing," katanya.

Ia menjelaskan, larangan tersebut dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran yang masih terjadi, meski saat ini jumlah warga yang terpapar mengalami penurunan, namun sebagai upaya antisipasi sesuai dengan Surat Edaran Kemenpan RB, pihaknya akan menerapkannya.

"Perang terhadap Corona, belum tuntas, sehingga upaya pencegahan tetap harus dilakukan terutama bagi mereka yang kerap bepergian keluar kota, rentan tertular. Sehingga selama libur panjang kali ini, tidak ada ASN yang boleh mengambil cuti dan pergi keluar kota," katanya.

Baca juga: Polisi Cianjur tangkap pencuri belasan ribu pengait bra

Baca juga: Pemkab Cianjur jadwalkan pembelajaran tatap muka mulai Juli

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021