Indramayu,17/7(ANTARA)- Ratusan burung "kuntul" yang menemani petani di kabupaten Indramayu, Jawa Barat, masih lestari dan
hidup bebas terhindar dari gangguan manusia.

Camat Sukra Mulya Sejati SE di Indramayu, Sabtu, mengatakan, burung "kuntul" putih populasinya masih terjaga dan lestari di Indramayu. Mereka aman dan nyaman dari buruan manusia. Menjelang matahari terbenam merekapun pergi menuju pohon rindang yang tersebar di sepanjang pantai utara.

"Matahari tertib ratusan burung "kuntul" biasanya menyebar di lahan pertanian yang baru ditanam padi, untuk mencari makanan sejenis ikan kecil dan kerang sawah. Mereka tidak menghiraukan petani yang sedang memelihara tanamannya, keabraban terjalin erat diantara mereka,"katanya.

Dikatakannya, petani setempat membiarkan burung "kuntul" tersebut mencari makan di sawahnya,begitupun burung "kuntul" tidak takut terhadap pengelola lahan,namun mereka akan pergi jauh jika datang orang membawa senapan angin yang hendak melukai
burung "kuntul" tersebut.

Ditambahkannya, lestarinya burung "kuntul" merupakan pamandangan indah di lahan pertanian pantai utara Indramayu,sehingga dirinya pasti marah dan melarang warga memburu burung "kuntul" tersebut.

Sementara itu Naryono salah seorang petani setempat mengaku, kehadiran burung "kuntul" di lahan pertahian miliknya tidak mengganggu tanaman padi mereka hanya memakan ikan kecil dan kerang sawah.

"Burung 'kuntul' jika didekati petani yang sedang menggarap sawah mereka diam, dan terus melakukan aktifitasnya.Namun bila ada orang terlihat membawa senapan angin burung 'kuntul' tersebut pasti terbang jauh,"katanya.

Dia menuturkan, selama ini masyarakat setempat tidak berani mengganggu kehidupan berburu burung "kuntul" apalagi hingga
menembaknya. Mereka perlu dilestarikan supaya generasi kita dapat melihat terus burung "kuntul"tersebut.Burung "kuntul" memiliki daya pikat tersendiri selain itu dapat membasmi cacing tanah yang mengganggu tanaman padi.

Hal serupa dituturkan H Jamal salah seorang sopir angkutan barang yang rutin melintas pantai utara Indramayu,burung "kuntul" akan pergi jika yang datang belum pernah dikenalnya, selain itu naluri untuk mempertahankan hidupnya kuat,terbukti mereka terbang jika melihat manusia membawa senapan angin, begitupun sebaliknya di atas cangkul petani burung tersebut bisa hinggap.

"Melintasi pantai utara Indramayu terutama Kecamatan Sukra paling terhibur melihat petani dikelilingi burung "kuntul" yang indah dan memiliki bulu halus serta warna putih alami, keberadaan mereka perlu kita jaga bersama-sama untuk keseimbangan lingkungan,"ujarnya.***3***

Enjang S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010