Bandung, 13/7 (ANTARA) - Kegagalan Kabupaten Bandung untuk mempertahankan tiga besar dalam Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XI Jawa Barat karena pemekaran daerah sehingga jumlah atlet potensial asal daerah tersebut berkurang.

Bupati Bandung, Obar Sobarna, seusai acaara penutupan PORDA XI Jabar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa malam menjelaskan domisili atlet potensial tersebar di sebagian wilayah pemekaran, yaitu Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi sehingga hal ini sangat berpengaruh pada raihan medali daerahnya.

"Kami akan melakukan evaluasi terhadap hal ini, namun secara keseluruhan pencapaian ini sudah sangat optimal meskipun target mempertahankan tiga besar tidak dapat tercapai," katanya.

Obar juga menyinggung adanya mutasi atlet asal Kabupaten Bandung ke daerah lain, sehingga daerah tersebut kehilangan medali. "Seperti yang dikatakan Wakil Gubernur Jabar, Dede Yusuf, bahwa peraturan mutasi bagi atlet harus diperjelas kembali karena kami telah melakukan investasi lewat APBD, namun saat menjelang pelaksanaan para atlet berpindah daerah," katanya.

"Hal ini juga harus menjadi evaluasi bagi kami dan juga KONI karena jelas merugikan pemerintah daerah yang telah berinvestasi dengan jumlah yang besar untuk pelaksanaan kegiatan pertandingan olahraga," katanya.

Dalam PORDA XI tersebut, Kabupaten Bandung mendapatkan 48 emas, 51 perak dan 51 perunggu dan menempati peringkat lima besar, sebelumnya Kabupaten Bandung meraih 64 emas, 70 perak dan 86 perunggu dengan posisi ketiga. ***4***

Ayi K

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010