Polres Cianjur, Jawa Barat, membagikan seribuan masker bagi pengendara dan warga di sejumlah titik di Cianjur, sebagai upaya mendukung pemerintah memerangi virus corona serta memberikan edukasi soal pentingnya mendapatkan vaksin COVID-19.

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai di Cianjur Rabu, mengatakan pembagian masker gratis tersebut dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan COVID-19 yang terus meningkat jumlah pasien positif dalam setiap minggunya, sehingga dengan penggunaan masker dapat mengindari warga terpapar Corona.

"Berbagai upaya kita lalukan selama ini untuk membantu pemerintah dalam memerangi virus berbahaya. Tidak hanya memberikan masker, kita juga memberikan edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan dan mendapatkan vaksin COVID-19," kata Rifai saat membagikan masker di Terminal Pasirhayam, Cianjur.

Ia menjelaskan pembagian masker tersebut juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran warga untuk melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diterapkan Pemkab Cianjur sejak satu bulan terakhir seiring tingginya angka penularan yang sudah mencapai 2.000 orang lebih.

Pihaknya berharap dengan edukasi yang rutin diberikan serta sosialisasi bersama unsur Forkopimda Cianjur dapat meningkatkan kesadaran warga untuk lebih meningkatkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan terutama saat beraktifitas di luar rumah.

"Kita juga melibatkan seluruh jajaran untuk rutin melakukan operasi yustisi bersama petugas gabungan sebagai upaya mengingatkan warga untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan dan tidak takut serta ragu untuk mendapatkan vaksin COVID-19," katanya.

Sementara hal yang sama dilakukan PMI Cianjur, seiring penerapan denda yang diberlakukan pemkab terhadap pelanggar protokol kesehatan, membagikan 500 masker ke pengendara dan warga sekitar yang melintas di depan markas PMI Cianjur di Jalan Panggeran Hidayattulah, Kelurahan Sawahgede.

"Kami juga memberikan edukasi terkait pentingnya meningkatkan protokol kesehatan serta sosialisasi terkait denda yang sudah diberlakukan terhadap pelanggar. Harapan kami tanpa denda, warga harus meningkatkan kepedulian terkait kesehatan diri, keluarga dan lingkungan sekitar," kata Ketua PMI Cianjur, Ruddy Syachdiar Hidayat.

Baca juga: 17.562 pelanggar terjaring operasi yustisi di Cianjur

Baca juga: Forkopimda Cianjur bagikan ratusan masker kepada pengendara

Baca juga: Gugus tugas Cianjur intensifkan razia penerapan protokol kesehatan

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021