Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota, Jawa Barat, menyiagakan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan pendampingan terhadap petugas medis saat melaksanakan vaksinasi COVID-19 di setiap puskesmas dan rumah sakit agar berjalan lancar dan aman.

"Saat pelaksanaan vaksinasi pun kami akan siapkan personel untuk pengamanan," kata Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan di Tasikmalaya, Sabtu.

Ia menuturkan Polres Tasikmalaya Kota sudah menyiapkan sejumlah personel, dibantu dari jajaran anggota Polsek dan TNI untuk mengamankan kedatangan dan penyimpanan vaksin COVID-19 selama 24 jam.

Personel di lapangan, kata dia, tidak hanya mengamankan saat pendistribusian, tapi akan ada tugas tambahan, yaitu melakukan pendampingan registrasi bagi masyarakat yang akan divaksin.

"Selain pengamanan ada pendampingan, ada tugas tambahan bagi Bhabinkamtibmas dengan Babinsa untuk melakukan pendampingan saat proses registrasi terhadap warga yang akan melakukan vaksinasi," katanya.

Ia menyampaikan aparat keamanan yang diterjunkan ke lapangan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mengatur jadwal waktu vaksinasi di tiap puskesmas.

Petugas di lapangan, katanya, akan terus siaga untuk memastikan di tempat pelaksanaan vaksinasi menerapkan protokol kesehatan yaitu tidak berkerumun, dan tetap memakai masker.

"Kami berupaya memastikan protokol kesehatan, tidak ada kerumunan yang dapat menimbulkan penyebaran COVID-19," katanya.

Pemkot Tasikmalaya sudah melakukan vaksinasi perdana bagi unsur pimpinan daerah, ulama, tokoh masyarakat dan perwakilan kaum milenial di Puskesmas Kersanagara, Kecamatan Cibeureum, Tasikmalaya, Jumat (29/1).

Selanjutnya, Pemkot Tasikmalaya akan melaksanakan vaksinasi untuk tenaga kesehatan yang rawan terpapar COVID-19, kemudian vaksinasi bagi masyarakat umum.

Baca juga: Kota Tasikmalaya mulai laksanakan vaksinasi perdana

Baca juga: Kasus aktif positif COVID-19 Kota Tasikmalaya melandai selama PPKM

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021