Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat menyiapkan 67 puskesmas untuk memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 tahap pertama dengan prioritas para tenaga kesehatan dan unsur pimpinan daerah seperti bupati dan wakil bupati.

"Ini kita gunakan di puskesmas, ada 67 tapi kita akan memperbanyak untuk memberikan kemudahan di beberapa tempat sesuai dengan kebutuhan, di puskesmas dulu yang akan diberikan," kata Bupati Garut Rudy Gunawan usai meninjau simulasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jumat.

Ia menuturkan Pemkab Garut sudah siap melaksanakan vaksinasi dengan menyiapkan seluruh tempat pelayanan kesehatan tersebar di setiap kecamatan berikut petugasnya sudah mendapatkan pelatihan.

Pemkab Garut juga, kata dia, sudah mensimulasikan tahapan pelaksanaan vaksinasi sesuai prosedur yang ditetapkan mulai dari pemeriksaan kesehatan sebelum disuntik vaksin, sampai dengan pemantauan setelah divaksin.

"Hari ini kami laksanakan simulasi pemberian vaksin yang akan diberikan pada minggu ketiga bulan Januari," katanya.

Ia mengatakan vaksin yang didatangkan ke Garut merupakan vaksin Sinovac dari China yang secara bertahap akan didistribusikan ke Garut.

Tahap pertama vaksinasi di Garut, kata dia, akan dikirim sebanyak enam ribu dosis untuk tenaga kesehatan, selanjutnya disiapkan bagi seluruh elemen masyarakat Garut.

"Kami sekarang menerima untuk nakes (tenaga kesehatan) dulu kurang lebih enam ribu, semua kuota yang ditetapkan oleh kementerian dipenuhi oleh negara," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Maskut menambahkan vaksin COVID-19 tahap pertama di Garut memang diprioritaskan tenaga kesehatan yakni perawat, dokter maupun petugas lainnya yang berada di lingkungan pelayanan kesehatan.

Ia menyebutkan setiap puskesmas akan menjadi tempat pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan begitu juga kedepannya akan dilakukan bagi masyarakat umum.

"Untuk tahap ini tenaga kesehatan dulu, itu juga tidak divaksin semuanya kita bagi dua petugas yang akan mendapatkan vaksin," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut mulai siapkan tenaga medis dan penyimpanan vaksin corona

Baca juga: Wagub Jabar tegaskan masyarakat tidak usah ragukan manfaat vaksin COVID-19

Baca juga: COVID-19 sudah mewabah ke kawasan perkampungan di Garut

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021