Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan masyarakat tidak usah meragukan lagi terkait manfaat vaksin COVID-19 yang disiapkan pemerintah dalam memutus rantai penularan wabah virus tersebut.

"Masyarakat jangan ragukan lagi tentang manfaat vaksin ini, sebab vaksinasi adalah salah satu ikhtiar untuk memutus mata rantai corona," kata Uu Ruzhanul Ulum kepada wartawan di Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan Pemerintah Provinsi Jabar sudah siap melaksanakan vaksinasi untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran wabah COVID-19.

Wagub Jabar menyatakan siap menjadi sukarelawan vaksin pertama sebagai bukti kesiapan pemerintah dan dipastikan tidak akan ada efek negatif bagi masyarakat.

"Saya siap jadi relawan vaksin pertama di Jabar, dan kami yakin vaksin ini tak memiliki efek negatif, tapi manfaat," kata mantan Bupati Tasikmalaya itu.

Ia berharap masyarakat tidak ragu dengan manfaat vaksin, jika masih ragu maka program vaksin akan tertunda dan dampaknya penyebaran semakin meluas.

Selain terus menyebar, lanjut dia, akan berdampak terganggunya aktivitas masyarakat, termasuk akan memperburuk perekonomian yang akhirnya merugikan semua pihak.

"Kalau kita masih ada keraguan dan kemudian tidak melaksanakan vaksin, nanti pasti seperti ini ada PSBB lagi, ekonomi melorot lagi, aktivitas ditutup lagi," katanya.

Ia menambahkan upaya menanggulangi wabah COVID-19 harus dilakukan secara bersama-sama, termasuk masyarakat harus mendukung program pemerintah terkait vaksinasi COVID-19.

"Ketaatan masyarakat kepada pemerintah menjadi kunci pertama memutus mata rantai COVID-19," kata Uu.

Baca juga: Wagub Jabar Uu minta masyarakat tidak ragu divaksin

Baca juga: Vaksinolog minta masyarakat tidak perlu ragu divaksin

Baca juga: Jangan ragu tegur orang yang abai protokol kesehatan, kata Presiden

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021