Sejumlah anggota Satuan Brimob melakukan sterilisasi tempat ibadah gereja untuk memastikan lingkungannya aman dari benda berbahaya menjelang jemaat merayakan Natal di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Adi Benny Cahyono membenarkan sejumlah anggotanya sudah disebar untuk memeriksa gereja yang akan dijadikan tempat perayaan malam Natal oleh umat Nasrani.

"Sterilisasi dari  tim Gegana Satuan Brimob Polda Jabar di gereja-gereja, khususnya gereja yang melaksanakan Misa Natal secara tatap muka langsung dengan jemaat gereja," kata Kapolres.

Jelang perayaan Natal di Garut, Kapolres Garut bersama jajarannya mengecek langsung kondisi gereja dan juga mengimbau langsung kepada pengelola gereja untuk menerapkan protokol kesehatan.

Tim Gegana dengan peralatan detektor menyusuri setiap ruang dalam maupun luar gereja untuk memastikan tidak ada benda yang mencurigakan atau berbahaya bagi jemaat saat di gereja.

Kapolres menyampaikan hasil peninjauan langsung dan sterilisasi Tim Gegana Brimob dipastikan tempatnya tidak ditemukan benda berbahaya sehingga jemaat bisa melaksanakan ibadahnya dengan aman dan tenang.

"Sampai dengan saat ini kondisi dan situasi dalam keadaan aman kondusif," katanya.

Ia menambahkan setelah dilakukan sterilisasi gereja, selanjutnya sejumlah anggota dari Polres Garut maupun TNI disiagakan untuk menjaga jalannya perayaan Natal di gereja.

"Pengamanan ditiap gereja dilaksanakan oleh gabungan personel TNI dan Polri," katanya.

Baca juga: Bupati Garut imbau jemaat terapkan protokol kesehatan saat perayaan Natal

Baca juga: Pemkab Garut bagikan 20 unit laptop untuk pekerja sosial

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020