Denpasar, 8/4 (ANTARA) - Susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan masa jabatan 2010-2015 dinilai sebagian kader partai telah mencerminkan keinginan untuk melakukan regenerasi dan transformasi partai karena hampir 80 persen didominasi oleh kader-kader muda.

Mantan Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDI Perjuangan, Taufik Kiemas seusai berakhirnya Kongres III PDI Perjuangan di Denpasar, Kamis, menyatakan susunan kepengurusan ini sangat bagus dan sesuai dengan keinginan untuk melakukan regenerasi.

"Hanya sekitar lima orang saja yang umurnya diatas 50 tahun seperti Hamka Haq dan Sudharto Danusubroto sedangkan sisanya anak-anak muda ini sudah sangat mencerminkan regenerasi dan tranformasi partai," katanya.

Pengurus DPP Bidang Kesehatan dan Tenaga Kerja, Ribka Tjiptaning yang diusulkan Jawa Barat, mengatakan selain muda, pilihan susunan pengurus yang dipilih Megawati juga berpijak pada kematangan berpolitik di partai.

"Pengurus sekarang selain mayoritas berusia dibawah 50 tahun juga memiliki kematangan berpolitik dengan kiprahnya di legislatif sebagai anggota dewan juga sebagai pengurus partai," tuturnya.

Hal senada, Andreas Parera yang telah dilantik oleh Megawati sebagai pengurus Bidang Pertahanan Keamanan dan Hubungan Internasional menjelaskan rekam jejak para pengurus baru ini telah teruji sehingga keinginan untuk bertransformasi dalam tubuh partai diharapkan dapat terlaksana.

Dari 27 orang pengurus DPP PDI Perjuangan yang telah dilantik Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri, Kamis malam hanya lima orang yang berusia diatas 50 tahun sedangkan 22 orang lainnya berusia 30 hingga 40 tahun.

Dalam pidatonya, Mega berharap PDI Perjuangan akan mampu menangkap sinyal-sinyal yang terjadi di masyarakat sehingga dapat menjadi partai yang selalu berpihak pada rakyat kecil. *

Isyati Putri Nastiti

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010