Denpasar, 3/4 (ANTARA) - Kegiatan Kongres III PDI Perjuangan diharapkan berdampak baik terhadap sektor pariwisata Bali, karena ribuan simpatisan partai itu dipastikan akan datang ke Pulau Dewata tersebut.

"Sedikitnya tiga ribu simpatisan PDIP akan ikut menyaksikan kegiatan kongres yang dijadwalkan digelar di Sanur, Bali, 5-9 April 2010," kata Panitia Kongres III PDIP Seksi Akomodasi Wayan Sutena di Sanur, Sabtu.

Di sela persiapan Kongres PDIP itu, ia mengungkapkan, para dan simpatisan PDIP itu selama kegiatan persidangan berlangsung mereka tidak diizinkan masuk ruang sidang, kecuali menyaksikan lewat layar monitor yang rencananya dipasang di luar arena persidangan.

"Selama di Bali sudah tentu mereka mengunjungi pusat perbelanjaan cenderamata maupun objek-objek wisata di Pulau Dewata," kata Sutena yang juga Wakil Ketua DPD PDIP Provinsi Bali.

Ia mengatakan, simpatisan partai berlambang banteng moncong putih itu berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. Mereka ingin menyaksikan jalannya kegiatan kongres secara langsung, selain itu mereka juga tertarik menikmati objek wisata Pulau Bali.

"Saya yakin kehadiran simpatisan PDIP itu akan berdampak juga terhadap penjualan kerajinan tangan berupa cenderamata maupun makanan, seperti kacang tanah dan kue khas Bali," ucapnya.

Ditanya mengenai penginapan simpatisan PDIP yang datang tersebut, kata dia, panitia telah menyiapkan tenda-tenda untuk beristirahat di Lapangan Made Pica, termasuk juga makan dan minumnya.

"Kita sudah menyiapkan sejumlah tenda khusus untuk simpatisan beristirahat. Namun karena mereka datang ke sini dengan biaya sendiri. Mereka juga sebagian besar menginap di hotel-hotel di Denpasar," kata pria asal Desa Tegak, Kabupaten Klungkung.

Sutena mengatakan, jumlah peserta kongres mencapai 1.700 orang terdiri dari panitia, pengurus DPP serta utusan DPC, DPD seluruh Indonesia.

"Akomodasi penginapan untuk peserta, pihak panitia menyediakan sebanyak 1.000 kamar," katanya.

Berdasarkan pantauan, suasana menjelang hajatan Kongres III PDIP di Denpasar, sepanjang jalan By Pass mulai dari Bandara Internasional Ngurah Rai tampak memerah oleh bendera, spanduk maupun baliho yang mendominasi warna merah itu.

Begitu juga setiap perempatan jalan protokol di Denpasar dan sekitarnya juga terpasang baliho dan bendera PDIP, antara lain bertuliskan "Selamat Datang Peserta Kongres III PDIP di Bali" dan "Sukseskan Kongres III PDIP". *


(T.I020/B/A041/A041)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010