Sebanyak 149 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur, Jawa Barat, mendapatkan program asimilasi selama pandemi COVID-19 dari Kementerian Hukum dan HAM.

Warga binaan ini langsung dapat menghirup udara bebas lebih awal.

"Asimilasi dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Ham RI Nomor 10 Tahun 2020. Pemberian Asimilasi Rumah oleh Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan" ungkap Kepala Lapas kelas II B Cianjur, Heri Aris S di Cianjur, Selasa.

Ia menjelaskan, sebelumnya jumlah tahanan yang ada di lapas tersebut berjumlah 841 orang, setelah dilakukan Asimilasi terhadap 149 orang, maka saat ini jumlah tahanan yang ada di Lapas Kelas II B Cianjur berjumlah 692 orang.

"Meski angka tersebut masih terlihat besar, namun bisa mengurangi tingkat over kapasitas di dalam lapas. Bahkan kami dapat lebih mudah dalam melakukan pembinaan dengan jumlah warga binaan yang terus berkurang," katanya.

Berkurangnya penghuni hotel prodeo tersebut merupakan program asimilasi pada pandemi COVID-19, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapat program bebas bersyarat dari Dirjen Pemasyarakatan melalui asimilasi di rumah untuk WBP karena kondisi pandemi masih berlangsung.

Warga binaan yang mendapat asimlasi tersebut, menurut Heri Aris, merupakan warga pilihan yang sudah menjalani pembinaan dan pembekalan layaknya berada di dalam pondok pesantren Attaubah selama berada di balik jeruji besi agar tidak kembali menjalani kesalahan yang sama dan kembali menjadi warga binaan.

"Asimilasi yang diberikan terhadap 149 orang warga binaan tersebut, berdasarkan sejumlah penilaian selama menjalani hukuman dan pembinaan yang diberikan sesuai dengan metode pesantren yang setiap harinya diberikan pendalaman agama," katanya.

Pihaknya berharap WBP yang menjalani asimilasi di rumah memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin dan tidak digunakan untuk mengulang kembali kesalahan."Harapan kami mereka dapat kembali berbaur dengan masyarakat dan menjalani kehidupan secara normal," katanya.

Baca juga: Lapas Cianjur menilai napi asimilasi menujukkan perilaku baik

Baca juga: Kalapas baru antisipasi suap di lingkungan Lapas Cianjur

Baca juga: Lapas Cianjur membuat layanan Saung Pemasyarakatan

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020