Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, menambah ruangan untuk penanganan pasien positif COVID-19 di gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut untuk mengantisipasi lonjakan kasus yang tentunya akan membutuhkan ruangan isolasi.

"Yang sudah siap itu ada 52 kamar, dalam minggu ini ada 20 kamar lagi," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat meninjau kondisi ruangan baru untuk pasien positif COVID-19 di RSUD dr Slamet Garut, Selasa.

Ia menuturkan, ruang baru isolasi bagi pasien positif COVID-19 itu yakni berada di Ruangan Mirah dan Astor dengan daya tampung sebanyak 20 pasien.

Selain ruangan itu, kata dia, rencananya akan ada ruangan lain yakni bangunan UGD lama yang memiliki daya tampung 30 pasien, sehingga secara keseluruhan RSUD Garut mampu menampung 102 orang.

"Untuk UGD lama itu bisa dipakai, kapasitasnya 30 orang, sekarang belum bisa digunakan, jadi nanti ada 102, tapi mudah-mudahan tidak terisi," kata Helmi.

Ia menyampaikan, jika kasus positif COVID-19 terus bertambah, maka Pemkab Garut akan bekerja sama dengan rumah sakit swasta untuk menyiapkan ruangan isolasi penanganan pasien positif.

"Pemerintah Kabupaten Garut bekerja sama dengan rumah sakit swasta dan balai diklat untuk menyiapkan tempat perawatan khusus pasien COVID-19," kata Helmi.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD dr Slamet Garut, dr Zaini Abdillah, menambahkan, kapasitas tempat tidur yang sebelumnya sudah disiapkan hampir 90 persen terisi pasien positif COVID-19 maupun yang berstatus suspek.

RSUD Garut, kata dia, sudah melakukan upaya untuk mengantisipasi lonjakan pasien positif COVID-19 dengan menyiapkan ruangan baru yang layak untuk penanganan pasien tersebut.

"Setelah ada program 1 persen warga Garut harus swab, jumlah kapasitas tempat tidur sudah 90 persen terisi, makanya kami menambah tempat tidur lagi," katanya.

Baca juga: 12 keluarga di Kabupaten Garut terkonfirmasi positif COVID-19

Baca juga: Petugas gabungan di Garut razia wajib pakai masker

Baca juga: Pemkab Garut adopsi aturan Jakarta untuk tegakkan protokol kesehatan COVID-19

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020