Mahasiswa Universitas Garut (Uniga) melakukan gerakan sosial dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan memfasilitasi kuota internet gratis bagi siswa agar bisa belajar secara daring di Kelurahan Sukamulya, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis.

Salah seorang mahasiswa Uniga Nova Nugraha di Garut, Kamis, mengatakan kegiatan berbagai kuota internet secara gratis itu bagian program nyata untuk membantu masyarakat, khususnya anak-anak sekolah di tengah wabah COVID-19.

"Menurut saya kegiatan KKN yang cocok saat ini adalah membantu anak-anak menyediakan kuota internet, dan ini kami lakukan untuk membantu mereka di tengah wabah COVID-19," kata Nova.

Baca juga: Jajaran Kodim 0608 Cianjur sediakan internet gratis untuk pelajar

Nova bersama tiga mahasiswa lainnya yang tergabung dalam kelompok KKN Uniga itu berinisiatif memfasilitasi kuota internet gratis setelah banyaknya orang tua siswa yang mengeluh soal pengadaan kuota internet.

Selama ini, kata dia, para orang tua harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menyediakan kuota internet bagi anaknya agar bisa mengikuti pelajaran sekolah secara daring.

"Banyak orang tua yang mengeluh soal kuota internet, mereka cukup berat, apalagi dalam kondisi sulit akibat COVID-19 ini," katanya.

Ia menambahkan selain menyediakan kuota internet, para mahasiswa KKN itu juga melaksanakan kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak, termasuk membantu mengerjakan tugas sekolah.

Selama ini, lanjut dia, banyak orang tua yang kesulitan membantu mengerjakan tugas anak-anaknya, apalagi para orang tua disibukkan dengan pekerjaan rumah lainnya.

"Orang tua banyak yang kesulitan membantu mengerjakan tugas sekolah anaknya dan mereka juga banyak yang harus diurus," katanya.

Seorang siswa SD yang mengikuti kegiatan program mahasiswa, Radit (12) mengaku senang bisa mendapatkan akses internet untuk belajar secara daring dan telah membantu mengerjakan tugas sekolah.

"Kalau di rumah kadang susah ngerjainnya, sekarang mudah karena dibantu," katanya.

Baca juga: Kemdikbud dan Google gandeng operator sediakan internet gratis untuk guru

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020