Pemerintah Kota Bekasi akan mengoperasikan dua mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk memudahkan warga melakukan pencetakan dokumen kependudukan.

"Mesin ADM ini layaknya mesin ATM yang diluncurkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada akhir tahun 2019 lalu," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi Taufiq Rachmat Hidayat di Bekasi, Kamis.

"Satu mesin kita beli menggunakan dana insentif daerah satunya lagi pinjaman dari Kemendagri," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, pemerintah daerah akan mendatangkan mesin ADM dalam beberapa hari ke depan dan kemudian menempatkannya di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bekasi Trade Center di Kecamatan Bekasi Timur serta Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Bekasi.

Warga bisa menggunakan ADM di MPP Bekasi Trade Center pada jam kerja atau mesin ADM di Kantor Pemerintah Kota Bekasi kapan saja.

"Yang satu sengaja ditempatkan di Kantor Pemkot karena bisa saja 24 jam mengingat dari segi keamanan di sana kan ada petugas Satpol PP yang berjaga," kata Taufiq.

"Rencana awalnya itu kita mau tiap MPP ada mesin ADM. Kita ada MPP di Plaza Cibubur, Plaza Pondok Gede dan BTC. Tapi karena ada pandemi COVID-19 ini sehingga sebagian anggaran kita terkena refocusing," ia menambahkan.

Baca juga: Pemkot Bekasi lombakan RW Siaga berhadiah Rp1 miliar

Baca juga: Pemkot Bekasi terbitkan kebijakan baru tugas ASN dalam AKB

Baca juga: Pemkot Bekasi bentuk Satgas Disiplin guna siapkan pemulihan ekonomi

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020