Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berupaya memulihkan geliat perekonomian di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Seperti diketahui, pandemi Covid-19 seperti saat ini sangat berpengaruh buruk di seluruh sektor, terutama sektor perekonomian,“ kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Kamis.

Ia mengatakan, sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang diutamakan dalam upaya pemulihan ekonomi, karena secara tidak langsung sektor tersebut mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Baca juga: Pemkab Karawang bantu UMKM terdampak COVID-19

Data Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Purwakarta, di daerah itu ada 8.000 lebih pelaku UMKM di Purwakarta.

Para pelaku UMKM ini tersebar dihampir seluruh desa, di 17 kecamatan di wilayah Purwakarta. Mayoritas, UMKM ini begerak disektor makanan dan minuman.

Ia mengakui kalau pemerintah memiliki tanggung jawab untuk membangkitkan para pelaku UMKM di tengah pandemi COVID-19. Di antara upaya yang akan dilakukan ialah dengan mengoptimalkan bantuan dalam hal pemasaran.

Anne menyampaikan agar para pelaku UMKM lebih memperhatikan produknya, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Sebab da tiga syarat utama yang harus diperhatikan. Di antaranya mengenai kualitas produk, kuantitas produksi dan pengemasan. 

Baca juga: Presiden perintahkan agar stimulus relaksasi untuk UMKM diberikan secepatnya

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020