Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mempertimbangkan kembali rencana pembukaan kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren setelah adanya klaster baru penyebaran COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani mengatakan hal tersebut perlu dikaji lebih jauh. Karena jika angka reproduksi meningkat, maka baik pesantren maupun sekolah umum bakal dipertimbangkan.

"Kalau melihat seperti ini memang ada beberapa pertimbangan yang sangat krusial dan penting yang harus dimasukkan ke situ," kata Berli di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat.

Dia menduga pola penyebaran COVID-19 yang terjadi di Secapa AD merupakan transmisi lokal antaranggota TNI AD. Karena di lembaga itu anggota hidup bersamaan di asrama dan berkegiatan bersama.

"Tanggal 7 Juli kemarin, kami sudah bisa menyimpulkan bahwa di luar (pemukiman sekitar Secapa AD) itu clear tidak ada masalah, jadi kemungkinan dari dalam, nah ini yang masih kita selidiki," kata dia.

Terkait awal mula penyebaran wabah, ia mengatakan masih menyelidiki secara epidemiologis penyebab klaster baru tersebut, namun penyelidikan tersebut membutuhkan waktu tidak sebentar.

"Kita kan gak tahu aktivitas dari masing-masing peserta didik, kan di situ tuh banyak sekali peserta didiknya di atas 1.000 orang dan tentunya kita harus menanyakan satu-satu dan ini perlu waktu," kata dia.

Selain sektor pendidikan, menurutnya, adanya klaster baru itu juga akan berpengaruh ke sektor lainnya yang juga akan turut dipertimbangkan pelonggaran nya. Sektor lain itu, seperti tempat hiburan, tempat wisata, dan sektor lainnya yang masih ditutup saat fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini.

"Jadi dengan timbulnya perkembangan baru ini, saya rasa juga itu akan termasuk ke dalam pertimbangan-pertimbangan yang akan diambil oleh ketua gugus tugas, semuanya akan dievaluasi," katanya.

Baca juga: Jubir: 1.262 kasus positif COVID-19 di Secapa AD Jawa Barat

Baca juga: Ketua MPR minta pelacakan soal siswa Secapa AD COVID-19

Baca juga: Pemkot Bandung akan lakukan tes COVID-19 pada warga sekitar Secapa AD

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020