Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Enny Suhaeni mengatakan peringatan Hari Kartini pada masa pandemi COVID-19 bisa menambah semangat bagi kaum perempuan terutama para tenaga medis yang sedang mengabdi.

"Peringatan Hari Kartini 2020 dirasakan berbeda bagi kami kaum perempuan, karena di tengah pandemi COVID-19, tetapi semangatnya sama tetap bergelora," kata Enny di Cirebon, Selasa.

Enny mengatakan bagi para tenaga medis terutama yang perempuan tentu merasakan hal yang berbeda dari hari biasa atau normal. Karena perempuan yang bertugas sebagai tenaga medis, harus siap bekerja melayani masyarakat dimana pun dan kapanpun, apalagi seperti saat ini yang sedang terjadi pandemi COVID-19.

"Banyak yang bisa dilakukan di tengah masa pandemi COVID-19, kita bersama-sama saling berbagi entah dalam bentuk apa pun, apalagi kita yang bertugas sebagai tenaga medis," ujarnya.

Baca juga: Guru pelosok Garut gelorakan semangat Kartini di tengah wabah COVID-19

Dia juga meminta kepada semua petugas medis perempuan agar tetap semangat dalam mengedukasi masyarakat agar hidup sehat dan juga memberikan pemahaman terkait wabah yang sedang terjadi.

Karena kata Enny, perempuan juga bisa memberikan dampak pada masa pandemi, baik bagi diri sendiri maupun keluarga serta masyarakat sekitar.

"Kaum perempuan dapat memberikan dampak yang positif, temen-teman di Puskesmas di RS sebagai garda terdepan tentunya dengan semangat gotong royong ikhlas untuk menangani COVID-19 tidak kalah dengan kaum lelaki," katanya.

Baca juga: Seorang ibu berkendara Vespa berbagi masker gratis peringati Hari Kartini

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020