Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyerahkan bantuan kepada masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum  berupa 20.000 masker dan 50 liter cairan pembersih tangan sebagai salah satu upaya menekan angka penyebaran COVID-19 di Jawa Barat, Kamis.

Bantuan masker medis dan cairan pembersih tangan tersebut akan diprioritaskan bagi para petugas fasilitas layanan kesehatan di lapangan dan para petugas sektor di Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum dan pendistribusian bantuan tersebut dilakukan bekerja sama dengan tim Gugus Tugas COVID-19 Jawa Barat.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Maritim dan Investasi Nani Hendiarti mengatakan pihaknya menyetujui prioritas distribusi bantuan tersebut diberikan kepada para tenaga medis dan saat ini keberadaan masker medis sekali pakai tidak banyak ditemui di pasaran.

Baca juga: ACT bagikan 28.000 masker cegah corona di Bekasi dan Karawang

"Kami sangat setuju masker diarahkan untuk tenaga medis yang bertugas di kawasan DAS Citarum. Saya rasa itu hal yang baik," katanya dalam telekonferensi bersama tim Satgas Citarum Harum dan jajarannya di Posko Satgas Citarum, Jalan Ir H Juanda Bandung, Kamis.

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dan terbatas melalui video conference dan hal tersebut dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi mobilitas masyarakat dalam rangka meminimalisasi penyebaran COVID-19.

Ketua Harian Satgas Citarum Harum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim mengatakan distribusi masker tersebut akan dipusatkan pada puskesmas-puskesmas di seluruh sektor DAS Citarum.

Baca juga: Eiger memproduksi ribuan APD dan masker gratis untuk tenaga medis

Sementara cairan pembersih tangan diberikan di posko-posko sepanjang DAS untuk digunakan, baik masyarakat maupun para petugas sektor yang sehari-hari masih beraktivitas di lapangan.

"Distribusinya ke tenaga-tenaga medis dan puskesmas di seluruh sektor DAS Citarum, di mana para komandan sektor akan melakukan pembagian ke wilayah masing-masing," katanya.

Sebelumnya, bantuan masker medis juga akan diperuntukkan bagi masyarakat di sekitar DAS Citarum, terutama warga terdampak banjir di tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung.

Baca juga: Pemkab Majalengka galang donasi pengadaan sejuta masker gratis

Namun, bantuan masker bagi masyarakat akan diupayakan disubstitusi dengan masker kain yang dapat digunakan berulang kali.

"Karena penggunaan masker ini (medis) dikhususkan bagi tenaga medis dan sulit dicari, masyarakat umum lebih baik mengenakan masker kain yang bisa digunakan beberapa kali," kata Dedi.

Dalam penyerahan bantuan secara simbolis tersebut hadir pula Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtias dan perwakilan Tim Akselerasi Pembangunan Jabar serta perwakilan Kodam III/Siliwangi.

Baca juga: Pemkab Purwakarta bagikan masker gratis kepada masyarakat

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020