Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Jawa Barat, Fitriawan mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mengembangkan perekonomian masyarakat, khususnya Kota Depok.

"Untuk meningkatkan penghasilan kami memberikan fasilitas berupa kios-kios diharapkan para pelaku UMKM dapat berkembang serta dapat meningkat lebih baik untuk pemasukan keluarga," kata Fitriawan di Balaikota Depok, Rabu.

Ia mengatakan pemberian kios UMKM adalah program yang dirintis Pemkot Depok, yang peduli terhadap fasilitas untuk para pelaku UMKM. Itu menjadi awal kepedulian yang harus dijalani dengan merawatnya.

Menurut dia, program-program percepatan atau peningkatan usaha UMKM dari Pemkot Depok sangat diapresiasi dan didukung, sebab salah satu program yang dicetuskan Wali Kota Depok tersebut merupakan program masa depan masyarakat dalam berusaha dengan hasil produk sendiri dan mandiri.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Depok Kania Parwati mengatakan kios-kios sudah ditempati pelaku UMKM harus dirawat dengan baik agar terlihat indah dan nyaman untuk yang menempatinya, terutama kepada konsumen. Dengan menempati kios-kios itu, diharapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Depok dapat naik.

“Seluruh kios yang selama ini kondisinya kosong harus segera diisi oleh para pelaku UMKM, dan dipelihara serta dirawat, dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Salah seorang pelaku bisnis yang mendapatkan kios Dian Salzi mengatakan,sangat berterima kasih kepada dinas terkait yang membantu mendapatkan kios.

“Kios yang ditempatkan untuk berjualan donat di jalan pekapuran Kelurahan Curug Depok, dengan kios ini penghasilan tambahan saya lumayan meningkat,” katanya.

Baca juga: Kantong urine "Sankimo" antarkan Akhsan Hakim raih UMKM Juara 2019

Baca juga: UMKM mampu atasi kemiskinan di selatan Sukabumi

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019