Puluhan anggota DPRD Cianjur, Jawa Barat, mulai menjalani masa orientasi yang digelar di Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, sebanyak 27 orang wakil rakyat diantaranya mendapat jadwal lebih dulu.

Ketua DPRD Cianjur, Ganjar Ramadhan di Cianjur, Kamis, mengatakan pelaksanaan orientasi telah dibahas dan ditetapkan dalam rapat Badan Musyawarah usai penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) beberapa hari yang lalu.

"Masa orientasi tersebut dibagi dalam dua kegiatan, 7-10 Oktober untuk 27 orang anggota dewan yang kembali terpilih dan pada 14-17 Oktober untuk 23 orang anggota dewan baru," katanya.

Selama menunggu jadwal orientasi, ungkap dia, 23 orang anggota dewan baru melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di luar atau dalam Cianjur, sambil menimba ilmu sebelum optimal bertugas.

Hingga persiapan pembahasan anggaran, DPRD Cianjur baru akan melaksanakannya setelah masa orientasi selesai. "Setelah selesai orientasi, kita akan masksimalkan berbagai pembahasan termasuk pembahasan APBD murni bersama eksekutif," katanya.

Wakil Ketua DPRD Cianjur, Wilman Singawinata yang merupakan anggota dewan lama, mengatakan materi yang diberikan pada peserta orientasi yang lama dan baru tetap sama.

"Untuk materinya lebih ke tugas pokok dan fungsi DPRD salah satunya membangun sinergisitas antara legislatif dan eksekutif di pemerintahan daerah," katanya.

Namun untuk anggota DPRD yang kembali terpilih lebih diberi pendalaman materi terkait fungsi DPRD. "Pemateri yang hadir dalam orientasi seperti Wakil Gubernur dan Kepala Dinas di lingkungan Pemprov Jabar," katanya.

Baca juga: Gerindra dan Golkar dominasi jabatan alat kelengkapan DPRD Cianjur

Baca juga: DPRD Cianjur yang baru belum dapat kerja optimal karena ini

Baca juga: Pemkab dan DPRD Cianjur bersinergi tingkatkan IPM

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019