Sebanyak 20.000 lebih perempuan pekerja di seluruh Indonesia telah mengikuti pemeriksaan IVA tes yang diselenggarakan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), dalam rangka menghindari penyakit, salah satunya kanker serviks.

"Kami terus melakukan pemeriksaan IVA tes di seluruh perusahaan di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas," kata Anggota OASE KK yang juga istri Menteri Ketenagakerjaan Marifah Hanif Dhakiri di Cirebon, Kamis.

Baca juga: 1.108 Perempuan Di Jabar Positif Kanker Serviks

Ia mengatakan pemeriksaan IVA tes itu sudah dilakukan sejak tahun 2015 lalu, di mana sampai saat ini sudah ada sekitar 20.000 khususnya perempuan pekerja yang mengikutinya.

Baca juga: Ibu Negara kampanye deteksi dini kanker serviks di Cirebon

Alasan menyasar kepada para perempuan pekerjaan kata Marifah, karena mereka harus sehat sebab dia juga merupakan ibu rumah tangga.

Baca juga: OASE Kabinet Kerja sosialisi pemeriksaan IVA ke 3.000 karyawati di Rancaekek

"Pertama karena mereka bekerja, produktivitas harus tetap berjalan. Perempuan pekerja juga ibu rumah tangga, jadi mereka harus sehat saat bekerja maupun di rumah," ujarnya.

Marifah menambahkan dengan adanya pemeriksaan IVA tes, ini bisa menghindari para pekerja perempuan terhindar dari penyakit termasuk kanker serviks.

Pemeriksaan itu juga merupakan instruksi langsung Ibu Negara, di mana beliau menginginkan perempuan Indonesia harus sehat.

"Karena ini instruksi langsung Ibu Negara. Bahwa perempuan Indonesia harus sehat, termasuk perempuan pekerja," katanya.

Baca juga: PASIEN KANKER SERVIKS RSHS KEBANYAKAN WARGA PANTURA

   

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019