Ratusan pemuda dan masyarakat yang berada di Desa Mundak Jaya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melakukan bersih-bersih di sekitar aliran sungai upaya untuk mengatasi permasalahan sampah dan juga dalam rangka memperingati "Wolrd Clean up Day".

"Kegiatan ini sebagai upaya yang masif menciptakan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi di perairan sungai," kata seorang pemuda Opih Riharjo, Ketua perkumpulan pemuda Geni Murub di Indramayu, Sabtu.

Opih menuturkan pada kegiatan bersih-bersih sungai diikuti dari berbagai kalangan masyarakat dan ini juga dalam rangka memperingati World Clean up Day.

Dia mengatakan sampah, rumput liar yang berada di sisi kanan kiri aliran sungai dan juga materi yang menghambat laju air Sungai Badak dibersihkan secara bersama-sama.

"Kita sebagai pemuda mengupayakan agar lingkungan sekitar bisa bersih dari sampah dan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sembarangan," ujarnya.

Sementara Camat Cikedung, Kabupaten Indramayu Suhendi mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan bersih-bersih yang dilakukan oleh para pemuda dan masyarakat sekitar.

Dia juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai tidak lagi membuang sampah sembarangan, apalagi dibuang ke sungai hal ini bisa merusak lingkungan.

"Masyarakat memang perlu diedukasi dan ditegakkan aturan sehingga sungai yang mengalir sekitar Kecamatan Cikedung ini tetap terjaga kebersihan dan kelestariannya," katanya.

Suhendi menuturkan saat ini di Kabupaten Indramayu sudah ada Perda tentang K3 dan sosialisasinya sudah dilakukan dengan memasang berbagai papan informasi di sepanjang sungai.
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019