Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung bersepakat untuk menata dan memperindah sempadan sungai Cikalong hal ini dilakukan guna menarik wisatawan.

"Pemkot Cirebon dan BBWS sudah sepakat untuk membuat taman tematik di sekitar sungai Cikalong. Taman tematik ini juga berfungsi untuk penguatan senderan sungai," kata Wali Kota Cirebon Nasruddin Azis di Cirebon, Kamis.

Azis mengatakan pembuatan taman tematik juga harus memberikan efek positif bagi warga untuk dimanfaatkan sebagai daerah wisata dan diharapkan bisa menarik wisawatan.

Penataan itu juga sesuai dengan visi Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah. Sehati kata Azis juga memiliki akronim Sehat, Hijau, Agamis, Tentram dan Inovatif.

"Harapan kita tentunya sungai juga akan membantu dan mendukung program pariwisata Kota Cirebon," tuturnya.

Sementara Kabid Pelaksanaan Jaringan Sumber Daya Air Kementrian PUPR Dwi Aryani Semadhi K mengatakan pihaknya mengapresiasi Pemkot Cirebon yang mendorong perbaikan di sempadan Sungai Cikalong.

Perbaikan tentunya untuk mengembalikan fungsi sungai karena banyaknya masyarakat membuat bangunan di sepanjang sungai.

"Ini salah satu langkah untuk antisipasi pelanggaran tersebut. Kami ingin membuat daerah terbuka berupa taman yang terdiri dari jogging track, tempat kongkow dan lainnya," katanya.

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019