Sejumlah 50 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuningan periode 2019-2024 dalam sidang paripurna Istimewa resmi dilantik di gedung DPRD Kuningan, Jawa Barat, Senin.

Gubernur Jawa Barat  Ridwal Kamil dalam sambutan yang dibacakan Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, pengucapan sumpah ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

"Bahwa anggota DPRD Kabupaten/Kota sebelum memangku jabatan mengucapkan sumpah  secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri dalam Paripurna DPRD kabupaten/kota," Paparnya.

Menurut Gubernur, sejak saat ini sebagai wakil rakyat yang mengemban tanggung jawab yang besar di mana suatu saat nanti semua akan dimintai pertanggungjawaban atas semua hal yang diamanahkan.

Banyak pekerjaan rumah bangsa ini termasuk di dalamnya Jawa Barat yang harus segera diselesaikan melalui kerja dan pengambilan keputusan dengan mengedepankan kepentingan rakyat serta sejalan dengan peraturan perundang-undangan dan azas azas keadilan. 

“Oleh karena itu saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengucapkan selamat atas dilantiknya bapak Ibu sekalian Anggota DPRD Kabupaten  Kuningan masa jabatan 2019-2024,” katanya.

Gubernur RK mengajak untuk memaksimalkan dalam melaksanakan fungsi budgeting atau penyusunan anggaran bagi kepentingan rakyat. Sudah bukan massanya lagi proses penyusunan dilaksanakan secara tertutup tidak partisipatif dan pragmatik apalagi berperilaku kurang baik.

"Untuk hal ini saya percaya bapak Ibu adalah orang-orang yang terpilih dan punya integritas yang tinggi sesuai dengan sumpah jabatan yang telah diucapkan," ungkapnya. 

Bupati juga menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat yang telah turut berpartisipasi untuk mensukseskan jalannya demokrasi. Begitu juga bagi peserta pemilu partai politik, dan penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu. 

"Tak lepas juga pihak pengamanan baik TNI, maupun Polri dan lainnya, sehingga penyelenggaraan demokrasai di Kuningan dapat berjalan dengan baik, bahkan tingkat partipasi pemilih meningkat, semoga kita dapat membangun Kuningan lebih maju lagi," ungkapnya. 

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kuningan, H Acep Purnama, Wakil Bupati HM Ridho Suganda, Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar, MSi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perwakilan DPRD Provinsi Jawa Barat,  Kepala SKPD, Perwakilan dari masyarakat, dan tamu undangan lainnya.



 

Pewarta: Arif Amarudin

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019