Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, melakukan kerja sama dengan Politeknik Pariwisata Prima Internasional untuk melatih Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat kemampuan bahasa Inggris, guna menyiapkan kampung wisata.

"Kelas Bahasa Inggris direncanakan akan dimulai pada bulan September di Pendopo Kecamatan Lemahwungkuk," kata Camat Lemahwungkuk Kota Cirebon Maruf Nuryasa di Cirebon, Rabu.

Maruf menuturkan kerja sama antara Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon dengan Politeknik Pariwisata Prima Internasional mengenai latihan Bahasa Inggris bagi ASN dan masyarakat merupakan upaya menyiapkan SDM dalam rangka menunjang kampung wisata.

Mengingat Cirebon lanjut Maruf, ingin mewujudkan tiga Kampung Wisata yang salah satunya adalah Kampung Batik Kriyan di wilayah Kecamatan Lemahwungkuk.

"Ini upaya untuk menyiapkan SDM unggul dalam rangka menyiapkan Kampung Wisata, agar ketika ada wisawatan mancanegara bisa kita layani," ujarnya.

Selain melatih masyarakat berbahasa Inggris, Kecamatan Lemahwungkuk kata Maruf, telah menyiapkan kelas seni berupa Angklung dan Tari, agar kesenian tradisional Cirebon bisa terus dilestarikan.

"Untuk kelas Angklung kita adakan dua kali seminggu dan tari satu kali. Kita pusatkan di Pendopo Kecamatan Lemahwungkuk," tuturnya.

Program-program tersebut lanjut Maruf, dapat diikuti secara gratis dan merupakan hasil kolaborasi dengan berbagai pihak.

Baca juga: Wali Kota: Ketahanan pangan di Cirebon harus dijaga

Baca juga: KA Argo Cheribon tambah kapasitas angkut


 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019