Sedikitnya ada 1.937 lowongan kerja yang didapat pemerintah daerah untuk tenaga kerja lokal dari hasil blusukan Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja di empat kawasan industri setempat hingga Rabu.

"Sampai hari ini sudah tercatat di kami ada 1.937 lowongan kerja yang diberikan kawasan industri MM2100, Deltamas, GIIC, dan Ejip," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Edi mengatakan, ketersediaan lowongan ini tidak lain berkat komunikasi yang telah dibangun antara Bupati Bekasi dengan para pelaku usaha di keempat kawasan industri tersebut dengan melakukan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 9 Tahun 2019 tentang Perluasan Kesempatan Kerja.

"Rinciannya, 523 di MM2100, 182 di Deltamas dan GIIC, serta 1.232 di Ejip," kata dia.

Jumlah tersebut diyakini Edi akan terus bertambah mengingat sosialisasi masih akan dilakukan Bupati Bekasi ke sejumlah kawasan industri lainnya.

"Jadi dengan sosialisasi ini kita berupaya agar lebih banyak lagi tenaga kerja lokal bisa bekerja di perusahaan-perusahaan. Mudah mudahan pada kunjungan di kawasan industri lainnya juga didapatkan lowongan kerja yang nantinya dapat dimanfaatkan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Dia menjelaskan, teknis penyerapan lowongan kerja itu akan dibahas lebih lanjut dengan mengundang perwakilan pihak perusahaan dari setiap kawasan industri tersebut.

"Nanti kami undang HRD-nya untuk membicarakan teknis penerimaan, termasuk soal pelaksanaan tes dan lain sebagainya," katanya lagi.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja berharap komunikasi yang telah dilakukan dengan para pelaku usaha dapat menjadikan segalanya menjadi lebih baik lagi hingga satu per satu masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Bekasi dapat terselesaikan.

"Saya tidak akan pernah bosan merangkul bahkan mengajak para pelaku usaha dan investor khususnya perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi untuk bersama membangun, merawat, dan membenahi Kabupaten Bekasi, serta mencari solusi berbagai masalah yang ada di Kabupaten Bekasi," kata Eka.

Baca juga: Golkar catat 18 tokoh daftar Cawabup Bekasi

Baca juga: Pencuri spesialis rumah kosong di Bekasi babak belur
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019