DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat membersihkan seluruh alat peraga kampanye (APK) yang tersebar di wilayah Jawa Barat, terkait masa tenang Pemilu 2019.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Tubagus Hasanuddin secara simbolis melakukan pencopotan APK di Kabupaten Karawang, Minggu.

“Pembersihan atau penurunan APK ini dilakukan karena batas waktu (kampanye) sudah selesai, dan sekarang masuk minggu tenang selama tiga hari,” kata Hasanuddin di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karawang. 

Hasanuddin menekankan, aksi penertiban atribut kampanye ini dilakukan di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh ketua DPC untuk melakukan pembersihan APK di wilayahnya masing-masing. 

Dirinya menginginkan jika Jabar dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia.

“Semoga Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden) kedepan, terlaksana dengan tenang, aman, dan damai,” katanya. 

Usai melakukan pembersihan, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menyerahkan bambu-bambu bekas pemasangan APK kepada pedagang kaki lima agar dapat dimanfaatkan. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengimbau agar tiap DPC dan DPD membentuk tim untuk melepaskan seluruh atribut kampanye. 

Dia mengatakan atribut bendera yang masih bagus disimpan, sedangkan yang berbentuk baliho, banner, spanduk, dikumpulkan jadi satu, dan kemudian diberikan ke pedagang barang bekas secara rapi.

“Kampanye telah usai. Saatnya semua berpikir jernih, memertimbangkan yang terbaik untuk masa depan bangsa dan negara,” kata Hasto.

Seusai kampanye, Hasto mengatakan PDI Perjuangan fokus pada upaya memerkuat semangat  persaudaraan kebangsaan, rekonsiliasi, serta siap bergandengan tangan dengan seluruh kekuatan politik guna menjaga dan membumikan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf jika selama masa kampanye, ada ucapan, perilaku, dan tindakan yang kurang berkenan di hati masyarakat Indonesia.

“Pada kesempatan ini, mari kita galang pemilu yang jurdil (jujur dan adil), bersih, dan jangan sampai ada yang golput,” kata Hasto. 


Baca juga: Ini target PDIP untuk DPRD Cianjur


Baca juga: Ribuan orang ikuti jalan santai HUT PDIP di Cianjur

Baca juga: PDIP Bekasi anggarkan Rp4,3 miliar untuk saksi pemilu

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019