PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, memberikan pemeriksaan kesehatan geratis bagi warga kurang mampu dengan menghadirkan 'Rail Clinic' di Stasiun Jatibarang Indramayu.

"Ada sekitar 400 warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama dengan kereta kesehatan atau 'Rail Clinic'," kata Manajer Humas Daop 3 Cirebon Kuswardojo di Indramayu, Selasa.

Menurutnya pelayanan kesehatan itu meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana, penyuluhan kesehatan serta pelayanan kefarmasian.

Kus melanjutkan pelayanan kesehatan gratis dengan 'Rail Clinic' ini sudah menjadi program rutin PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat disekitar jalur kereta.

"Semoga dengan adanya layanan 'Rail Clinic' di Stasiun Jatibarang ini, dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat," tuturnya.

Kus menambahkan selain pemeriksaan gratis PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata untuk 45 siswa SD di UPT Pendidikan Jatibarang.

Pembagian kacamata tersebut diberikan kepada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata.

Selain pembagian kacamata, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengundang siswa dari SDN 1 dan 2 Jatibarang, SDN 1, 2, 3 Bulak Lor, SD PUI dan SD Santo Yusuf untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan tentang keselamatan perkeretaapian.

Di dalam 'Rail Clinic' juga terdapat perpustakaan atau 'Rail Library' ini juga upaya menjadikan masyarakat terutama anak sekolah yang ikut pemeriksaan bisa menumbuhkan minat membaca.

"Ini semua upaya untuk masyarakat semakin mencintai kereta api dengan lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api," kata Kus.

Baca juga: KAI Cirebon imbau masyarakat waspada pengumuman lowongan kerja

Baca juga: Nelayan Cirebon terbantu dengan program KUR
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019