Garut (Antaranews Jabar) - Bupati Kabupaten Garut, Rudy Gunawan menginginkan Jembatan Maktal 2 senilai Rp6,3 miliar yang baru diresmikan di kawasan perkotaan Kabupaten Garut, Jawa Barat, memiliki nilai estetika karena saat ini estetikanya perlu diperbaiki agar pembangunannya terlihat indah dan menjadi daya tarik bagi masyarakat khususnya pengguna jalan.

"Saya ingin nanti estetikanya diperbaiki," kata Bupati Garut Rudy Gunawan usai peresmian Jembatan Maktal di Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu.

Ia menuturkan, jembatan menghubungkan dua kecamatan di kawasan perkotaan Garut itu telah selesai pembangunannya dan resmi untuk dilintasi berbagai jenis kendaraan.

Namun kondisi bangunan jembatan itu, kata dia, masih ada yang perlu dibenahi, terutama nilai estetika pembangunannya harus memiliki daya tarik tersendiri, tidak sekadar jembatan.

"Ini estetikanya perlu dibenahi," katanya.

Menurut dia, salah satu yang dapat memperindah jembatan tersebut yakni keberadaan lampu di sepanjang jembatan maupun sekitarnya.

Jembatan itu, lanjut dia, pengerjaan akhirnya belum tuntas dengan baik, sehingga pemborong yang mendapatkan proyek itu harus dapat menyelesaikan kekurangannya.

"Finishingnya kurang baik," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman menilai kondisi Jembatan Maktal tersebut masih ada yang kurang, terutama dalan seni keindahannya.

Menurut dia, jembatan tersebut harus dicat dengan warna yang indah, kemudian dilengkapi lampu penerangan jalan agar terlihat bagus, juga memberikan kenyamanan untuk pengendara.

"Jembatannya tidak dicat, tidak mengandung keindahan, untuk itu harus ada komunikasi agar jembatannya bisa bagus," kata Suherman usai peresmian.
Kondisi jembatan Maktal 2 menghubungkan dengan kawasan perkotaan Garut baru diresmikan di Jalan Rumah Sakit, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (27/02/2019). (Feri Purnama)


Seorang warga Karangpawitan yang sering melewati Jembatan Maktal, Irwan mengatakan, kondisi jembatan yang baru dibangun itu terlihat kurang menarik.

Seharusnya, kata dia, jembatan tersebut bisa lebih indah seperti jembatan yang ada di luar kota memiliki daya tarik masyarakat untuk berswafoto.

"Kami harap jembatan baru ini bisa bagus, memiliki daya tarik tersendiri sehingga masyarakat ingin foto di sana," kata Irwan.

Jembatan Maktal 2 itu dibangun dari anggaran APBN untuk realisasi penanggulangan bencana alam banjir Cimanuk di Kabupaten Garut dengan panjang 45 meter dan lebar 7 meter.

Baca juga: Jembatan Maktal Garut belum bisa digunakan

Baca juga: Pemkab Garut jajaki kerja sama pembangunan jembatan dengan Korsel

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019