Cianjur (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur mendorong Pemerintah Provinsi Jabar membangun Sekolah Luar Biasa (SLB) di selatan Cianjur.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Selasa, mengatakan Cianjur hanya memiliki beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB) yang berada di beberapa wilayah perkotaan, sedangkan kewenangan untuk mendirikan sekolah tersebut berada di tingkat provinsi.

"Untuk membangun sekolah SLB bukan wewenang pemkab, namun wewenang dari Pemprov Jabar. Kami akan berupaya agar pemprov dapat membangun SLB di Cianjur selatan," katanya.

Ia menjelaskan, masih banyak warga yang mempunyai anak penyandang disabilitas di Cianjur terutama di wilayah Cianjur selatan yang belum diberikan kesempatan untuk menimba ilmu seperti anak lainnya.

"Saat ini fasilitas pendidikan untuk anak disabilitas di selatan masih kurang, sehingga perlu dibangun sekolah untuk anak dengan kebutuhan khusus tersebut yang selama ini lebih banyak diam di rumah," katanya.

Keinginan tersebut terbesit setelah melakukan kunjungan ke SLB Permata di Kecamatan Ciranjang, beberapa waktu lalu. Antusias anak disabilitas begitu tinggi untuk mendapatkan pendidikan meskipun mereka memiliki kekurangan.

Pihaknya mengimbau warga yang memiliki anak penyandang disabilitas untuk tetap bersekolah terutama di SLB agar mempunyai pembekalan. "Anak disabilitas memiliki hak yang sama dalam menuntut ilmu, terutama untuk pendidikan agama, sehingga jangan sampai mereka diterlantarkan," katanya.

Baca juga: Siswa SLB tampil memukau menyanyikan lagu nasional

Baca juga: 18 sapi unggulan Brahman Cross diberikan Pusat untuk Cianjur

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019