Garut (Antaranews Jabar) - Pegawai Negeri Sipil (PNS) senior, Deni Suherlan terpilih menjadi pimpinan tertinggi PNS sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, setelah melewati seleksi ketat hingga akhirnya dilantik di Lapangan Sekretariat Daerah Garut, Senin.

Bupati Garut, Rudy Gunawan yang melantik langsung Deni Suherlan mengatakan, pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Garut tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut Nomor 821.22/Kep.24-BKD/2019.

"Saya berharap dengan sekda yang baru, ke depan pelaksanaan pembangunan dapat dilaksanakan lebih baik, dan membantu dalam mengatasi persoalan kompleks di masyarakat," kata Rudy.

Ia menuturkan, Sekda Garut definitif tersebut akan melaksanakan berbagai tugas pemerintahan, dan menyelesaikan seluruh persoalan di Garut.

"Banyak persoalan yang terjadi, yang harus menjadi perhatian kita semua, makanya kita publikasikan agar publik tahu," katanya.

Bupati mengajak seluruh jajaran untuk mendukung sekda baru sebagai pimpinan tertinggi PNS di Garut dalam setiap tugasnya, terutama dalam mencegah segala tindakan yang menyalahi aturan atau perilaku korupsi.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Garut itu, kata Rudy, akan membantu tugas kepala daerah dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya.

"Sekretaris Daerah sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan daerah, citra pemerintah Kabupaten Garut akan sangat banyak ditentukan dalam melaksanakan tugasnya," katanya.

Ia menambahkan, sekda harus memiliki kemampuan dalam mengemban seluruh aktivitas tugas administratif pemerintahan, termasuk dalam penyelenggaraan otonomi daerah.

Tugas pemerintahan ke depan, kata dia, akan semakin berat dan banyak tantangan, untuk itu harus mempersiapkan diri dalam menghadapi dan menyelesaikannya sesuai dengan aturan.

"Kita sepenuhnya harus menyadari bahwa tantangan tugas-tugas pemerintah Kabupaten Garut di hari-hari mendatang semakin berat, terutama untuk menangani tuntutan dan harapan masyarakat," katanya.

Baca juga: Bupati Garut minta BPK periksa pekerjaan pemborong

Baca juga: Pemkab Garut jajaki kerja sama pembangunan jembatan dengan Korsel


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019