Bandung (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kota Bandung menerjunkan 536 petugas kebersihan yang berjaga di titik-titik pusat keramaian pada malam tahun baru.

"Menjelang malam tahun baru nanti malam itu kita mengerahkan 536 personel operasional," ujar Kepala PD Kebersihan Kota Bandung, Deny Nurdiana, Senin.

Deni mengatakan, wisatawan yang akan menghabiskan waktu untuk merayakan mqalam pergantian tahun diprediksi bakal membludak. Hal ini berkaca pada kondisi pada Minggu malam di Alun-alun Bandung yang penuh?bahkan hingga Senin pukul 02.00 WIB.

Selain itu, isu tingginya gelombang di pesisir pantai selatan Jawa Barat, disinyalir bakal membuat wisatawan lebih mengalihkan tujuan wisata ke kota-kota besar.

"Tempat-tempat pergantian tahun baru di pantai banyak yang batal. Diperkirakan akan masuk ke kota-kota besar termasuk Kota Bandung," kata dia.

Untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan dan berimbas pada volume sampah, PD Kebersihan menyiapkan 150 troli dan 2.500 kantung sampah agar memudahkan proses pengangkutan. Dari data Jasa Marga cabang Tol Purbaleuyi, kedatangan wisatawan ke Kota Bandung masih terus berdatangan.

Pada Sabtu sebanyak 38.400 kendaraan masuk ke Kota Bandung atau meningkat dari tahun 2017 yang hanya 33.900 unit kendaraan. Sementara pada Minggu, sebanyak 36.000 kendaraan masuk ke Kota Bandung atau meningkat dari 2017 yang hanya 34.062 kendaraan.

Baca juga: Pemberi rokok ke orangutan dihukum jadi petugas kebersihan

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018