Bandung (Antaranews Jabar) - Polrestabes Bandung akan menyiapkan rekayasa lalu lintas di area-area yang menjadi simpul kemacetan pada malam tahun baru.



"Kita siapkan sistem pengalihan arus secara situasional," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza, di Mapolrestabes Bandung, Sabtu.



Ia mengatakan rekayasa lalu lintas kendaraan akan dilakukan di area-area yang biasa menjadi pusat kumpul warga seperti di Dago, Gasibu, Alun-alun Asia Afrika, Alun-alun Ujungberung, dan Flyover Pasopati.



Agung mengatakan dalam pengamanan tahun baru ni, Polrestabes Bandung menyiagakan 2.117 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, dan unsur kedinasan Pemkot Bandung. Ribuan personel akan tersebar di titik yang diprediksi sebagai pusat keramaian saat tahun baru.



"Seperti di Flyover Pasopati kita akan siagakan dua pleton baik kiri dan kanan jalan untuk menghalau massa yang berhenti di atas jembatan," kata dia.



Polisi akan menghalau kendaraan yang parkir sembarangan di badan jalan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Bandung akan menderek apabila pemilik mobil tidak ditemukan.



"Di jalur Dago kami lakukan pagar betis juga supaya tidak ada kendaraan parkir khususnya para pengunjung outlet," kata dia.



Agung mempersilakan warga yang akan merayakan tahun baru mengelilingi kota. Namun masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi tata tertib lalu lintas. Apabila ditemukan pelanggaran, akan dilakukan penilangan.



"Seperti tahun lalu, biasanya ada arak-arakan, konvoi. Jika membahayakan dan memang melanggar lalu lintas, kita lakukan penindakan," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018