Garut (Antaranews Jabar) - Kepolisian Resor Garut menyatakan jalur objek wisata pemandian air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, memiliki lintasan jalan berbahaya, sehingga pengendara roda dua dan empat harus meningkatkan kewaspadaan saat melewatinya.

"Harus diantisipasi, karena daerah itu rawan kecelakaan, terdapat kombinasi jalan antara tanjakan dan tikungan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro kepada wartawan di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, pada hari libur termasuk Natal dan tahun baru kawasan objek wisata seperti pemandian air panas Darajat seringkali dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Kepolisian, lanjut dia, mengimbau dan memperingatkan seluruh pengendara untuk tetap berhati-hati ketika melintasi jalur wisata dan selalu memeriksa rutin kondisi kendaraannya.

"Jalan itu (Darajat) rawan tapi aman, namun tetap harus hati-hati, patuhi rambu lalu lintas dan periksa kondisi kendaraan," kata Rizky.

Ia mengatakan, kepolisian bersama Dinas Perhubungan Garut rutin melakukan pemeriksaan kondisi kelayakan bus pariwisata yang hendak menuju objek wisata Darajat.

Jika kondisi bus tidak layak beroperasi, kata dia, maka bus tersebut dilarang melanjutkan perjalanan ke Darajat karena dapat membahayakan jiwa penumpang maupun pengguna jalan lainnya.

"Musim liburan ini setiap bus yang naik ke atas diperiksa, kalau ditemukan pelanggaran ditilang, kalau tidak layak jalan disuruh pulang," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Suherman menambahkan, jajarannya selalu memeriksa kondisi kelayakan bus untuk memastikan aman membawa penumpang.

Jika hasil pemeriksaan ditemukan pelanggaran, kata dia, maka bus tidak diperbolehkan beroperasi atau membawa penumpang di wilayah Kabupaten Garut.

"Kalau ada bus yang tidak layak akan dihentikan di Lapang Jati, tapi sampai sekarang tidak ada, karena bus pariwisata ini sudah diperiksa lebih ketat di tingkat provinsi," katanya.

Ia menambahkan, jajarannya sudah menambah rambu-rambu lalu lintas di jalur wisata maupun jalur utama lainnya untuk kenyamanan pengendara.

"Rambu-rambu sudah dipasang, termasuk yang jalur ke Darajat," katanya.

Pemandian air panas Darajat yang berada di kawasan pegunungan Kecamatan Pasirwangi dapat ditempuh kurang dari satu jam dari Kota Garut.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018