Majalengka (Antaranews Jabar) - Kepolisian Resor (Polres) Majalengka, Jawa Barat, beserta Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pengecekan kelaikan kendaraan menjelang Natal dan Tahun Baru, upaya untuk meminimalkan kecelakaan.

"Pengecekan ini sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, terutama menjelang pengamanan Natal dan Tahun Baru," kata Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono di Majalengka, Rabu.

Pengecekan kelaikan atau ram check itu dilakukan terhadap sejumlah kendaraan Bus AKAP/AKDP, yang digelar di Terminal Rajagaluh dan Terminal Cipaku, Kadipaten, Kabupaten Majalengka.

Menurut Mariyono, kendaraan yang dilakukan pengujian kelaiakan itu tidak hanya angkutan orang, namun juga kendaraan pembawa barang.

"Kita melakukan pemeriksaan, lampu panjang, lampu sen, lampu hazard, rem dan ban serta memeriksa surat-surat kendaraan lainnya," tuturnya.

Pengecekan itu kata Kapolres, upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, selain itu juga pembinaan kepada pengemudi dan sarana angkutan umum.
 
Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono melakukan pengecekan kelaikan kendaraan umum menjelang libur Natal dan Tahun Baru. (Foto Antara Jabar/Khaerul Izan)


Kapolres juga mengimbau para pengemudi untuk tidak mabuk atau mengkonsumsi narkoba selama perjalanan, karena itu bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya.

"Kami juga mengimbau kepada para pengemudi, agar senantiasa memperhatikan keselamatan di jalan dan mengutamakan pengguna jalan lainnya," ujarnya.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas maupun pelanggaran lalu lintas lainnya dan terciptanya kesadaran hukum," katanya.

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018