Cianjur (Antara) - Kantor BPN Cianjur, Jawa Barat, berjanji segera menindak lanjuti dan memproses sertifikat lahan milik Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti di Cianjur Selatan.

Namun BPN meminta pihak Susi menunjukkan surat permohonan awal agar dapat segera diproses, ungkap Kepala Kantor BPN Cianjur, Lutfi Zakaria pada wartawan di Cianjur, Kamis.

Dia mengatakan, pihaknya belum mengetahui ada proses sertifikasi lahan yang belum tuntas atas nama Susi Pudjiastuti karena BPN Cianjur belum dapat tanda bukti permohonan.

"Kalau ada tanda bukti yang dapat ditunjukan tentu akan kami telusuri dan proses. Sampai saat ini, kami belum tahu ada permohonan atas nama ibu menteri," katanya.

Ia menjelaskan, selama dua tahun menjadi Kepala Kantor BPN Cianjur, belum ada pihak yang menanyakan atau memprotes pengajuan sertifikat yang menurut Menteri Susi belum kunjung selesai.

"Tidak tahu kalau ke pejabat sebelumnya, namun selama saya menjabat, saya belum pernah mendapat laporan pengajuan atas lahan tersebut," katanya.

Baca juga: Belasan tahun Susi Pudjiastuti menanti sertifikat tanah dari BPN Cianjur

BPN Cianjur mengharapkan pihak Menteri Susi segera datang ke Kantor BPN dan menunjukan surat tanda bukti permohonan untuk mengetahui sudah sampai mana prosesnya.

"Apakah ada kendala atau tidak perlu ditelusuri, tapi kami perlu melihat dulu surat tanda permohonannya," katanya.

Seperti diberitakan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti menilai buruknya kinerja BPN Cianjur karena sejak membeli tanah di Kecamatan Cidaun untuk landasan kapal terbang, hingga saat ini belum mendapatkan sertifikat.

Bahkan dia menilai buruknya birokrasi di tubuh Pemerintahan Cianjur, membuat pengurusan administrasi surat menyurat terlambat hingga belasan tahun seperti yang dialaminya.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018