Bandung (Antaranews Jabar) - Museum Barli yang berlokasi di Jalan Prof Sutami, Kota Bandung, Jawa Barat, mendirikan sekolah seni "Artschool" untuk anak-anak tidak mampu.

Ada tiga jurusan pada sekolah yang dikelola oleh keluarga Barli, yaitu artschool Pak Sanga dan artschool Pak Agung yang merupakan keturunan langsung dari pelukis Barli, juga Sekolah Anak Bumi.

Artschool Pak Sanga mengajarkan anak-anak dalam pembuatan anime, ilustrasi, dan karakter,

sementara Sekolah Anak Bumi mengajarkan materi yang sama tetapi khusus untuk anak-anak kurang mampu.

Sekolah Anak Bumi tak hanya mengajarkan teknik menggambar dan melukis, terdapat pula pelajaran matematika, bahasa inggris dan pelajaran eksak lainnya.

Biasanya pertemuan diadakan seminggu sekali setiap hari Senin atau langsung mendatangi daerah tertentu di sekitar Bandung untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

"Di setiap pertemuan kami mengajarkan kreasi seni untuk anak-anak di samping mengajarkan pelajaran eksak yang biasa didapatkan di sekolah," kata salah seoramg cucu Barli, Syaffa, di Bandung, Minggu.

Museum Barli adalah museum dengan koleksi jenis lukisan surealisme karya seniman bernama Barli, didirikan dan diresmikan pada tahun 1992 untuk mengenang karya-karya sang maestro.

Jam operasional museum yaitu buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga16.00 WIB dan bertempat di Jalan Profesor Doktor Sutami, Sukarasa, Sukasari, Kota Bandung dan tempat yang sama dengan sekolah seni berada.

Pada masa hidupnya, Barli juga turut menjadi bagian dalam mendirikan salah satu jurusan seni di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

"Aku sebagai cucu dari almarhum Barli bangga banget dan sedikit tersentil karena meski beliau sudah tiada tapi tetap bermanfaat bagi orang-orang sekitar salah satunya melalui bidang seni seperti ikut mengelola artschool," kata Syaffa.
 

Pewarta: Farida Al Qodariah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018