Bandung (Antaranews Jabar) - Kelompok seni bangbarongan atau tarian barong memeriahkan pagelaran seni dan budaya yang digelar masyarakat seni di Desa/Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, dalam rangka melestarikan kesenian sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan bertemakan "Nyukcruk Galur Seni, Mapay Laratan Budaya Sangkan Cimanggung Ngahiji" itu dihadiri warga dan tokoh masyarakat dengan menampilkan berbagai kesenian, salah satunya atraksi seni bangbarongan.

Sejumlah seniman bangbarongan tersebut menyusuri sejumlah ruas jalan desa beriringan dengan kelompok seni lainnya seperti sisingaan, dan sejumlah seni reak lainnya serta tarian dan seni reog.

Khusus kesenian bangbarongan tampil memukau di tengah kerumunan masyarakat dengan menunjukan atraksi tarian khasnya.

Ketua pelaksana acara Rusanto Joko Prakoso mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bukti bahwa masyarakat Cimanggung peduli untuk melestarikan seni dan budaya Sunda.

"Budaya Sunda milik kita maka harus dilestarikan oleh kita," kata Rusanto.

Ia menuturkan, Cimanggung merupakan gudangnya seni dan budaya Sunda seperti seni reak, reog, sisingaan, tarian, pencak silat, calung, rampak kendang dan sejumlah kesenian lainnya.

Semua kesenian di Desa Cimanggung itu, kata dia, oleh masyarakatnya masih terjaga dengan baik dan terus diperkenalkan kepada setiap generasi masyarakat.

"Ini sebagai bukti bahwa Cimanggung adalah gudangnya seniman dan budayawan Sunda," katanya.

Kegiatan seni dan budaya itu mendapatkan dukungan dari anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Denny Jaya Abriyani yang datang langsung dan ikut pawai bersama kelompok seni di desa tersebut.

Ia mengatakan, seni budaya Sunda merupakan bagian dari identitas bangsa Indonesia yang harus mendapatkan perhatian dari pemerintah.

"Saya tertarik seni budaya Sunda, siapa lagi yang akan memelihara, membangun kalau bukan kita sendiri," katanya.

Menurut dia menyampaikan, masyarakat harus bangga dengan masih adanya kesenian dan kebudayaan di tengah-tengah kehidupan bangsa Indonesia.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesenian dan kebudayaan bangsa sebagai warisan dari leluhur agar tidak punah di tengah tantangan zaman.

"Harus bangga pada budaya dan seni kita sendiri daripada dari luar, mari kita semua memelihara seni budaya kita," katanya. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018