Cianjur (Antaranews Jabar)- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melakukan percepatan penyelesaian paspor untuk calon jamaah haji yang akan berangkat minggu ini.

"Kami pastikan sebelum keberangkatan pasport dan dokumen lainnya sudah selesai, sehingga tidak ada lagi kendala," kata Staf Pemberangkatan Haji dan Umroh Kemenag Cianjur, Mamat Slamet di Cianjur Jumat.

Saat ini, ungkapnya tahapan penyelenggaraan sedang melakukan pembinaan dan ploating paspor untuk pemberangkatan jamaah."Targetnya sebelum 24 Juli atau hari pemberangkatan sudah selesai," ujarnya.

Visa untuk calon jamaah haji (CJH) sudah selesai seluruhnya, sehingga tidak ada hal yang akan menunda keberangkatan. Sebelumnya pemberangkatan kerap terkendala masalah visa, namun tahun lalu tidak lagi menjadi halangan.

Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan proses keberangkatan kolter pertama Cianjur tanggal 24 Juli 2018. Sedangkan untuk pemeriksaan pemberangkatan CJH ada perubahan biasa di imigrasi akan dilakukan di embarkasi.

"Biasanya diperiksa di bandara dengan waktu yang cukup lama, meskipun?sekarang memakan waktu sekitar empat jam, tapi jadi tidak perlu mengantre di bandara Arab Saudi," tambahnya.

Sementara 1.350 orang CJH asal Cianjur akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Peningkatan pelayanan dari pihak Arab Saudi untuk CJH, diharapkan akan memperlancar pelaksanaan.

Jumlah CJH yang berangkat tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu 1.322 jamaah. Rencananya para CJH akan dibagi dalam empat kloter dan kloter pertama dijadwalkan berangkat 24 Juli 2018.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018