Bandung (Antaranews Jabar) - Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa meminta pemerintah pusat memasukkan proyek Waduk Cibeet, Bogor, masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Iwa Karniwa di Bandung, Selasa, mengatakan progress pembangunan waduk yang akan menjadi pengendali banjir di Kawasan Industri Bekasi dan Karawang ini termasuk yang cepat prosesnya dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

"Sehingga perlu ada langkah untuk makin mempercepat, karena itu kita akan sarankan ini masuk PSN," katanya.

Dia mengatakan waduk ini layak masuk PSN mengingat di lapangan dukungan dari Pemprov Jabar dan Kabupaten Bogor guna mempercepat urusan pembebasan lahan dan administrasi sangat kuat.

"Belum lagi jika bicara skala manfaat waduk yang bisa mengendalikan 70 persen banjir di kawasan. Ini salah satu proyek waduk paling siap, jadi layak masuk PSN," katanya.

Dia mengatakan saat ini berdasarkan BBWS Citarum, proyek ini tengah memasuki proses sertifikasi bendungan dan model tes fisik, selain itu tengah diproses pula dokumen analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan Larap (Rencana Tindakan Pengadaan Tanah dan Permukiman).

"Untuk amdal itu di Dinas Lingkungan Hidup, kebetulan pejabatnya dipegang juga oleh Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, bisa cepat," ujarnya.

Iwa menuturkan Pihak BBWS menurutnya sudah menuntaskan dokumen details engineering design (DED) pada 2017 dan ia memprediksi jika kegiatan di tahun anggaran 2018 bisa tuntas sesuai jadwal dan usulan PSN masuk maka percepatan di tahap lelang bisa digelar.

"Kalau ini selesai maka pelaksanaan fisik bisa dilakukan pada 2019," katanya.

Dia menambahkan dengan kapasitas waduk sebesar 60 juta meter kubik, waduk tersebut bisa mengalirkan lima meter kubik detik air baku.

Untuk irigasi, sawah yang bisa diairi mencapai 1.900 hektare sementara banjir yang dikendalikan bisa mencapai 1.200 meter kubik.

"Waduk ini juga bisa didorong dibangun SPAM untuk memenuhi kepentingan air tak hanya kawasan industri tapi daerah lain," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan Pihak BBWS Citarum sendiri memastikan Dirjen PSDA?Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan lelang infrastrukur Waduk Cibeet yang terletak di Cariu, Bogor, bisa digelar awal 2019.
 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018