Bandung (Antaranews Jabar) - Istri Calon Wakil Wali Kota Bandung nomor urut dua Aries Supriatna, Ineu Purwadewi Sundari mengunjungi puluhan warga yang menjadi korban kebakaran di RW 06 Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jumat.

Pada kesempatan tersebut para warga korban kebakaran itu mengadu ke Bunda Hebring, julukan bagi Ineu Purwadewi Sundari yang juga menjabat Ketua DPRD Jawa Barat.

Perwakilan korban kebakaran, Entis Sutisna (48 tahun), mengatakan sekitar 43 kepala keluarga (KK) yang terdiri lebih dari 100 warga korban kebakaran saat ini kebingungan mencari tempat tinggal karena tempat penampungan sementara yang saat ini ditempati harus dikosongkan.

"Jadi pada awalnya sama Pemkot Bandung kami dipersilakan untuk menempati mes selama dua sampai tiga bulan sampai kami bisa mengumpulkan uang untuk mengontrak atau pindah ke tempat lain," kata Entis saat berdialog dengan Ineu.

Akan tetapi, kata dia, baru dua pekan menempati mes warga diminta "angkat kaki" oleh pengelola mes karena Pemkot Bandung tidak membayar biaya sewa mes tersebut sehingga warga pun panik karena pemberitahuan dilakukan secara mendadak dan tanpa rapat terlebih dahulu.

"Sekarang warga bingung harus pindah ke mana. Mau ngontrak sementara juga susah karena kami tak punya uang. Harta benda kami habis terbakar," kata Entis.

Warga lainnya Maman Kurnia (57 tahun) juga mengatakan hal serupa, menurut dia, sebagian warga masih bertahan di bekas lokasi kebakaran sementara sisanya untuk sementara memilih menumpang di rumah tetangga dan kerabatnya.

"Kami berharap tempat tinggal kami dibangun lagi. Semoga Bu Ineu dan pasangan Hebring bisa membantu kami dan menyampaikan keluhan kami kepada pemerintah," kata dia.

Dalam dialog dengan warga tersebut, Ineu menanyakan mengenai kondisi kesehatan dan stok bahan makanan para pengungsi dan menurut warga, stok bahan makanan maupun layanan kesehatan lumayan mencukupi karena banyak donatur yang memberikan bantuan.

"Kami sangat senang didatangi istri calon pejabat. Beliau memberikan doa dan harapan bagi kami. Semoga Pak Yossi dan Pak Aries bisa menjadi pemimpin Kota Bandung. Kami butuh pemimpin yang peduli kayak Yossi-Aries," ujar Maman.

Menanggapi harapan warga, Ineu mengaku akan menyampaikannya langsung kepada Pjs Walikota Bandung, M Solihin.

Ineu yang juga Ketua DPRD Jawa Barat itu berharap Pemkot Bandung dapat tetap memberikan perhatian dan support bagi para korban bencana seperti warga korban kebakaran di Malabar.

"Tadi saya sudah komunikasi dengan Pjs Walikota Bandung. Katanya mereka sedang konsolidasi. Semoga Pemkot terus memperhatikan dan membantu mereka sampai mereka mampu untuk kembali membangun rumah mereka atau setidaknya mengontrak," kata Ineu.Budi Suyanto







 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018