Bandung  (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kota Bandung akan membangun instalasi pengolahan air limbah (ipal) komunal berbasis masyarakat di sejumlah titik kota guna meminimalkan limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai.

"Ipal ini salah satu cara mengurangi sampah ke sungai. Insya Allah di Bandung akan dibangun di beberapa titik," ujar Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Bandung, Senin.

Saat ini Kota Bandung memiliki ipal di Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung yang dibangun melalui program pemerintah pusat dan Islamic Development Bank (IDB).

IPAL komunal tersebut dapat menampung limbah WC sekitar 120-150 kepala keluarga dan dapat menjadi salah satu solusi sanitasi dan kebersihan di Kota Bandung.

"Dengan adanya ipal komunal ini, semoga dapat menjadi salah satu solusi bagi warga kawasan Cigending untuk lebih bersih dan asri. Terutama tidak membuang kotoran ke sungai secara langsung," katanya.

Oded mengatakan pemerintah akan terus mengupayakan kebutuhan masyarakat baik fasilitas infrastruktur dan noninfrastruktur secara bertahap.

"Kita sebagai pemerintah akan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Bandung, dicicil, sedikit demi sedikit. Untuk itu perlu kesabaran," kata dia. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018