Indramayu (Antaranews Jabar) - PT Pertamina Refinery Unit VI Balongan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, berkomitmen untuk mengembangkan budi daya mangga agrimania, yaitu varietas baru dari daerah itu yang akan terus dikembangkan melalui fasilitas yang ada di Gedung Diklat Pertanian Rawa Bolang.
 
Gedung diklat yang diresmikan, Kamis, itu disebut General Affairs Manager Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan Hartanto bakal mendukung pengembangan mangga, termasuk mangga agrimania yang mulai dicari banyak orang.

"Sehingga nantinya mangga dari Indramayu benar-benar sangat terkenal, apalagi ada mangga unggulan yang mulai banyak dicari orang luar yakni mangga agrimania," kata Hartanto.

Dia menjelaskan, selain kepedulian dalam bentuk renovasi gedung, RU VI Balongan juga saat ini tengah mengembangkan budi daya pohon mangga sebanyak 400 pohon yang ditanam di lahan Perumahan Pertamina RU VI Bumi Patra.

Gedung Diklat Pertanian Rawa Bolang yang berada di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu itu juga untuk mendukung pengembangan mangga agrimania, yaitu varietas baru yang dikembangkan balai diklat Agrimania. 

Balai diklat itulah yang akan mendampingi kelompok tani Wong Tani Ceblok dalam budi daya pohon mangga di Bumi Patra tersebut.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina RU VI Rustam Aji menuturkan bahwa pihaknya membantu Gedung Diklat Agrimania karena Agrimania berhasil menemukan buah mangga varietas unggul baru yang diberi nama mangga agrimania pada 2011.

"Keberadaan kebun buah agrimania diharapkan mampu mendongkrak wisata di sekitarnya (Situ Rawa Bolang)," katanya.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu Takmid menambahkan bahwa gedung diklat ini dapat membantu pendidikan dan pelatihan hortikultura bagi masyarakat.

"Ke depan, semoga lokasi ini dapat menjadi agrowisata ikonik Indramayu," ujar Takmid.

Takmid berharap   Agrimania dapat 
membudidayakan jenis buah unggulan lainnya seperti kurma, selain buah mangga yang merupakan ikon Indramayu. 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018