Bandung  (Antaranews Jabar) - PT Kereta Api Indonesia (PTKAI) menyiapkan Rail Clinic lengkap dengan peralatan medis untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat sekitar Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis, untuk menjalin kebersamaan dan mengajak masyarakat untuk tetap hidup sehat.

Executive Vice President PTKAI  (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung Saridal mengatakan, bakti sosial tersebut bekerja sama dengan PT GE Transportation dan Jasa Raharja yang bertujuan untuk mewujudkan kesehatan bagi masyarakat.

"Komitmen mewujudkan kesehatan bagi masyarakat ini akan terus dijaga," kata Saridal.

Ia menuturkan, Rail Clinic merupakan aset PT KAI terdiri atas empat gerbong kereta api, dua gerbong di antaranya untuk kesehatan dan sisanya pustaka yang dinamakan Rail Library.

Rail Clinic itu, kata dia, versi generasi ke empat yang di dalamnya dilengkapi fasilitas laboratorium hematology analizer sysmex berbasis komputer untuk mengetahui jenis penyakit.

"Di dalamnya ada alat kesehatan umum, alat kesehatan gigi, alat kesehatan mata, alat laboratorium, alat kesehatan THT, interior room, dan elektronik," katanya.

Ia berharap, kegiatan bakti sosial tersebut dapat terwujud hubungan lebih baik antara PT KAI dengan mitra kerja dalam melayani masyarakat.

"Komitmen ini akan terus dijaga," katanya.

. Layanan kesehatan gratis di dalam gerbong kereta api


Kegiatan pelayanan kesehatan gratis diikuti 200 orang warga Kecamatan Cibatu yang memeriksakan kesehatannya di dalam Rail Clinic.

Para pasien datang ke gerbong kereta api yang di dalamnya sudah siaga dokter, termasuk ruang laboratorium, farmasi dan ruang cek kesehatan lainnya.

Selain pengobatan gratis, PT KAI bersama GE Transportation juga melakukan renovasi minor berupa pengecatan Stasiun Cibatu.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018