Antaranews Jabar -  Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten Garut, Jawa Barat, membentuk tim khusus untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba pada perayaan malam pergantian tahun 2017-2018 di Garut.

"Tim khusus pemberantasan narkoba kami siagakan untuk pengamanan Natal dan tahun baru," kata Kepala BNN Kabupaten Garut, Anas Saepudin saat jumpa pers kinerja BNN selama 2017 di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, BNN Garut melibatkan Kepolisian Resor Garut dalam mengantisipasi penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Garut.

Upaya yang telah dilakukan, kata dia, yaitu pemeriksaan terhadap para sopir angkutan umum menjelang libur Natal dan Tahun Baru di Terminal Guntur, Garut.

"Hasil pemeriksaan sopir angkutan umum tidak ada (penyalahgunaan narkoba)," katanya.

Ia menyampaikan, BNN bersama kepolisian juga akan melakukan pemeriksaan terhadap para pengunjung tempat hiburan yang ada di Garut pada malam perayaan pergantian tahun.

"Tempat-tempat hiburan rawan (peredaran dan penyalahgunaan narkoba) sehingga BNN dengan Polres Garut sudah menetapkan akan dilakukan pemeriksaan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, titik potensi lainnya seperti kamar kos-kosan akan diperiksa, bahkan petugas di lapangan akan memantau setiap perilaku masyarakat saat perayaan malam tahun baru.

Jika ada masyarakat yang mencurigakan, kata dia, maka petugas di lapangan akan melakukan tes urine terhadap yang bersangkutan.

"Pas malam tahun baru akan menurunkan personel di berbagai tempat, apabila menemukan perilaku orang mencurigakan kami akan melakukan tes urine," katanya.

Ia berharap, upaya BNN Garut bersama kepolisian itu dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun.

"Kami akan pantau sehingga masyarakat merasa aman," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017