antarajabar - Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)  Moeldoko mendorong para petani  memanfaatkan teknologi untuk mengatasi persoalan yang sering terjadi.

"Pendekatan teknologi, HKTI sudah bekerja sama dengan klinik IPB untuk mengatasi persoalan yang terjadi yaitu hama, untuk itu para petani harus mulai memanfaatkannya," kata Moeldoko di Indramayu, Kamis.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, kalau berbicara pertanian di Indonesia maka akan ada dua hal yang terjadi, yaitu  budaya pertanian dan  teknologi.

Budaya para petani memang harus dilestarikan, seperti adanya berdoa, sedekah dan lainnya. "Ini juga perlu dilestarikan untuk hasil yang baik," tuturnya.

Namun budaya juga harus disertai dengan teknologi, untuk itu HKTI akan memberikan pendampingan bagi para petani mengenai persoalan hama dan tanaman agar hasilnya maksimal.

"Teknologi dan budaya harus didorong semua," ujarnya.

Moeldoko menambahkan adanya HKTI harus menjadi solusi bagi para petani, agar kelak mereka lebih sejahtera dan juga bisa menguntungkan.

"HKTI harus menjadi solusi, kita juga akan kawal petani untuk menjalankan SOP dengan baik untuk bisa mendapatkan hasil yang baik dan menguntungkan," katanya lagi.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017