antarajabar - Staf Khusus Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo yakni Syaiful Huda meluncurkan Buku "Dari Desa Membangun Indonesia" di Gedung Ahmad Sanusi Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung, Senin.

Acara peluncuran buku ini juga dihadiri oleh Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo.

Syaiful Huda mengatakan buku tersebut berisi kumpulan artikel terkait pembangunan desa di Indonesia.

Buku "Dari Desa Membangun Indonesia" merupakan buku ke lima yang ditulis oleh Syaiful Huda.

Syaiful mengatakan dari 14 artikel yang semuanya sudah terbit di media massa itu, beberapa di antaranya mengulas tentang kesejatian makna dari "jihad" yang seharusnya diselaraskan dengan kondisi kebangsaan saat ini bahwa setiap insan di Indonesia untuk membangun bangsa dan negara.

Peluncuran buku ini juga disertai dengan peluncuran sembilan sayap gerakan desa yang dimotori oleh Kementerian Desa PDT, sebagai bentukan kelompok masyarakat yang bertugas mengawal serta membantu masyarakat dan aparatur desa dalam membangun sumber daya kewilayahan serta masyarakatnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga diluncurkan Program Sembilan Sayap Desa, adapun kesembilan sayap gerakan desa tersebut adalah:
1. Gerakan Pemuda Desa (Garda Desa)
2. Ikatan Bidan Desa (IBDA)
3. Asosiasi Pengelola BUM Desa (APeBDes)
4. Korps Perempuan Desa Mandiri (KPDM)
5. Gabungan Petani Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (GAPRUKDes)
6. Asosiasi Pedagang Pasar Desa (ASPARDes)
7. Sarekat Saudagar Desa
8. Lingkar Seni Budaya Desa
9. Kantor Berita Desa


Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017