Antarajabar.com - Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Nasrudin Azis berpesan kepada semua masyarakat khususnya pemuda untuk meneladani jasa para pahlawan, karena mereka rela berkorban jiwa, harta demi bangsa.

"Kalau dahulu para Pahlawan kita berkorban tenaga, pikiran, bahkan nyawa untuk kemerdekaan, kita sebagai generasi penerusnya terutama pemuda harus lebih dari itu," kata Azis di Cirebon, Jumat.

Azis mengatakan sebagai generasi penerus pengisi kemerdekaan, para pemuda harus selalu mengenang jasa-jasa para Pahlawan.

Menurutnya sikap rela berkorban yang ditunjukan dari para Pahlwan harus menjadi motivasi tersendiri bagi pemuda, agar bisa menjaga keutuhan bangsa.

"Seperti kata-kata mutiara dari Pahlawan kita 'Mengusir penjajah itu lebih mudah, daripada kita mengusir rasa ego kita sesama bangsa'," tuturnya.

Peringati hari Pahlawan juga bisa dengan cara mengambil tauladannya dan menjaga kemerdekaan harus mengutamakan rasa nasionalisme, kebangsaaan tanpa harus menonjolkan egoisme.

Baik itu egoisme kedaerahan maupun egoisme keagamaan. "Itulah yang bisa kita ambil dari nilai-nilai kephalawanan yang telah ditunjukan oleh para pahlawan-pahlawan kita," ujarnya.

Azis menambahkan untuk para generasi muda, semangat rela berkorban untuk berfikir bagaimana memajukan bangsa, terutama kaum mudanya terus menjadi pelopor.

Karena kemerdekaan dahulu, perena pemudanya sangat luar biasa, sehingga di dalam mengisi kemerdekaanpun peran pemuda menjadi sangat menentukan perkembangan bangsa.

"Harapan kita semuanya bisa lebih baik, sehingga pada akhirnya bisa mengembangkan bangsa kita dan terus membuat bangsa kita menjadi bangsa yang disegani dan bangsa yang mampu mensejahterkan dan keadilan bagi masyarakatnya," katanya lagi.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017