Antarajabar.com - Seribuan warga dari beberapa kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengikuti lomba panjat pinang yang diselenggarakan pemerintah daerah dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di Lapang Ciateul kota itu, Kamis.
        
Panitia lomba menyiapkan 72 tiang panjat pinang sesuai angka usia Kemerdekaan Indonesia, berikut disiapkan beraneka ragam hadiah yang bergantungan di tiang pinang tersebut.
        
Kegiatan rutin setiap tahun itu dibuka langsung oleh Bupati Garut RUdy Gunawan yang dihadiri ribuan warga dari berbagai kecamatan di Garut.
        
"Ada 72 tiang panjat pinang yang disiapkan, jumlahnya menandakan 72 tahun Kemerdekaan Indonesia," kata Rudy Gunawan.
        
Ia menuturkan, peserta yang mengikuti lomba tersebut berjumlah 1.500 orang berasal dari 10 kecamatan di Garut yang memperebutkan berbagai hadiah menarik.
        
"Pesertanya 1.500 orang, ini lomba yang akan meriah di Garut," katanya.
        
Kegiatan tersebut dimulai pukul 12.00 WIB, seluruh peserta dibagi beberapa kelompok untuk setiap tiang panjat pinangnya.
        
Seorang peserta lomba panjat pinang, Usep mengatakan, lomba yang digelar secara serentak dengan jumlah banyak merupakan sebuah hiburan tersendiri bagi masyarakat Garut.
        
Usep dan peserta lainnya menyatakan siap mengikuti lomba panjat pinang yang hanya dapat ditemukan pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.
        
"Kami ikut memeriahkan kemerdekaan karena panjat pinang seperti ini hanya ada saat agustusan saja," katanya.
        
Tiang panjat pinang yang terpasang di lapang terbuka itu setinggi 10 meter yang di atasnya telah disiapkan sejumlah hadiah menarik seperti peralatan masak, mandi, pakaian, dan berbagai jenis barang lainnya.
    

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017